PERPUSTAKAAN SUMBAR KINI DILENGKAPI IRWAN PRAYITNO CORNER

by -

PERPUSTAKAAN SUMBAR KINI DILENGKAPI IRWAN PRAYITNO CORNER

SEMANGATNEWS.COM- Begitu berhenti jadi gubernur Sumbar dua periode,(2010-2021) Irwan Prayitno tak pernah istirahat. Ia justru mengumpulkan sejumlah karyanya untuk disumbangkan. Puluhan karyanya itu kini diletakan di Perpustakaan Sumbar di Jalan Dipanegoro Padang yang disebut Irwan Prayitno Corner.

Perpustakaan milik Pemprov ini sengaja menyediakan ruangan yang disebut Irwan Prayitno Corner( IP Corner) dilaunching, Sabtu, 4 September 2021 oleh gubernur Sumbar Mahyeldi.

Semua orang memiliki sisi kebaikan dan ketidak-baikan. Begitu juga dengan Prof. Dr. H. Irwan Prayitno. Tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

“IP Corner di Perpustakaan Daerah Sumbar ini akan diisi dengan berbagai kebaikan yang dimiliki Pak IP. Ada buku-buku, ceramah-ceramah dan lagu religi karya dan yang dirilis Pak IP,” ungkap Wardarusmen Kepala Perpustakaan Daerah Sumbar saat launching IP Corner yang dirangkai dengan penyerahan buku oleh Hj. Nevi Zuairina, Anggota Komisi VI DPR RI.

IP Corner ini, lanjut Wardarusmen, sebagai upaya dalam menjalankan perintah Undang-undang dalam mencerdaskan anak bangsa. Apalagi Perpustakaan daerah Sumbar banyak berkolaborasi dengan organisasi dan pegiat literasi yang memiliki empat tahapan.

“Ada empat tahapan literasi yang kita kembangkan, diantaranya Kecerdasan, pemahaman, inovasi dan menghasilkan barang dan jasa. Jadi, konsep perpustakaan bukan lagi tempat mencari buku di rak-rak tapi sudah berinovasi dan berkembang sesuai kemajuan teknologi,” ungkapnya.

Dijelaskan Warda, di IP Corner terdapat 8 judul buku, baik buku seri pendidikan Islam, Seri pendidikan anak, Seri pendidikan masyarakat, Seri manajemen SDM, buku tentang Irwan Prayitno, termasuk buku yang berisi 59.581 pantun dan buku Inspirasi.

“Juga terdapat 477 judul ceramah agama Pak Irwan Prayitno dalam bentuk CD,” ujar Wardarusmen.

Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan bahwa hadirnya IP Corner dalam upaya berbagi ilmu dengan masyarakat khususnya generasi penerus bangsa.

“Saya melihat, tempat yang tepat untuk IP Corner adalah perpustakaan. Karena itu, sejak tak lagi menjadi gubernur, saya mulai merapikan buku-buku karya saya dan CD ceramah agama selama ini. Semoga bermanfaat untuk orang banyak,” ujar Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyambut baik kehadiran IP Corner ini guna menambah literasi yang sudah ada. Kita berharap Pak Irwan akan terus menoreskan prestasinya untuk Sumbar di pentas nasional.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.