Persiapan EPPD, Pemko Payakumbuh Terima Kunjungan Tim Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar

by -

SEMANGATNEWS.COM — Dalam rangka persiapan pelaksanaan Evaluasi Penyelenggarana Pemeirntah Daerah (EPPD) tahun 2021, dan merujuk dari surat Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat nomor 120/176/Pem-2021 tanggal 26 Maret perihal pembinaan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) kabupaten/kota tahun 2020, maka tim dari biro pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatra Barat lakukan persiapan pelaksanaan EPPD tahun 2021 terhadap kota Payakumbuh, Selasa (27/4/2021).

Kegiatan yang berlangsung di aula Randang lantai 2 kantor Walikota, turut dihadiri oleh wakil walikota Erwin Yunaz yang didampingi oleh Asisten I Yufnani Away dan Kabag Pemerintahan Aplimadanar. Dan dalam kesempatan pembinaan persiapan EPPD tahun 2021, seluruh kepala dan subbagian program yang ada di seluruh instansi yang ada diwajibkan hadir untuk mendengarkan arahan dari tim Provinsi Sumatra Barat tersebut yang dipimpin langsung oleh kepala bagian otonomi daerah biro pemerintahan Marliosni bersama kasubag evaluasi Qodriansah, dan kasubag urusan Sofianti dari Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatra Barat.

Wakil walikota Erwin Yunaz saat membuka kegiatan bersama Asisten I Yufnani Away menyampaikan bahwa sebelumnya kota Payakumbuh telah pernah meraih penghargaan terbaik dalam LPPD sebelumnya.

“Dan dengan hadirnya tim dari provinsi Sumatera Barat, semoga akan dapat memberikan pencerahan lagi bagi kita pemerintah kota Payakumbuh dalam pelaksanaan EPPD tentunya”, harap Wawako Erwin.

Wawako juga turut menyampaikan bahwa kegiatan penyusunan LPPD yang dilaksanakan berpedoman pada PP Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“Penyusunan LPPD Tahun 2020 yang disusun pada tahun 2021 ini, mengikuti sistematika yang berbeda dari tahun sebelumnya, oleh karena itu perlu pembinaan lebih lanjut dari Tim Provinsi Sumatera Barat guna kesempurnaan LPPD Kota Payakumbuh”, tutur orang nomor 2 di kota Payakumbuh tersebut.

Dan dengan dilaksanakannya kegiatan pembinaan dalam rangka persiapan pelaksanaan EPPD dari tim Provinsi Sumatera Barat itu, semoga Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan (EPPD) terhadap LPPD Kota Payakumbuh ini berjalan lancar dan harapannya tentu Pemerintah Kota Payakumbuh dapat mendapatkan nilai dan peringkat yang tinggi”, ungkap Erwin.

Sementara itu, tim biro pemerintahan Provinsi Sumatera Barat yang langsung dipimpin kepala bagian otonomi daerah Marliosni menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kedatangannya untuk melihat kesiapan pemerintah kota Payakumbuh dalam rangka mempersiapkan evaluasi yang disiapkan tim daerah yang nantinya akan dilanjutkan tim nasional.

Kabag otonomi daerah itu turut juga mengungkapkan jika kedatangan mereka hadir ke kota Payakumbuh untuk melihat agar tidak ditemukannya kendala dan masalah yang terjadi pada EPPD kota Payakumbuh.

“Dan jika tidak ada kendala dan masalah ini maka kita siap untuk melakukan proses evaluasi ini, gunanya nanti jika adanya persoalan IKK baru yang belum tertuang dalam EPPD ini tentu perlu kita diskusikan. Dan apabila hal ini nanti sudah masuk ke dalam tahap evaluasi, maka data yang ada sudah tidak bisa dirobah lagi, dan untuk itu kami hadir disini guna untuk melancarkan proses terhadap penilaian EPPD bagi kota Payakumbuh nantinya”, ungkap Marliosni.

Marliosni berharap melalui evaluasi ini pemerintah kota Payakumbuh mampu mendapatkan hasil yang terbaik sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan, pemerintahan, dan pemberdayaan masyarakat di Sumatra Barat khususnya dan di tingkat nasional pada umumnya.(Jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.