Pesantren Ramadan Bakal Semarak Lagi Kota Payakumbuh

by -
Apel akbar ditutup dengan pelepasan balon oleh Sekda Kota Payakumbuh sebagai tanda Pesantren Ramadhan dibuka secara resmi. Para pelajar pun mengerumuni pelepasan balon dan bersorak-sorai gembira. Marhaban Ya Ramadhan!

SEMANGAT PAYAKUMBUH – Program Pesantren Ramadhan yang diinisiasi oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, sejak awal menjabat sebagai Walikota bakal digelar lagi. Lantunan ayat suci Al-Quran di berbagai penjuru kota dan ramainya masjid sebab dipenuhi oleh pelajar di bulan Ramadhan bakal menyemarakkan kembali Kota Payakumbuh.

Program Pesantren Ramadhan 2017 resmi dibuka oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Benni Warlis dalam acara apel akbar yang digelar di lapangan Kubu Gadang, Rabu pagi (24/05). Apel akbar juga dihadiri oleh Asisten, Staff Ahli, Kepala Kemenag, Kepala Dinas Pendidikan, Dewan Pembina Pesantren Ramadhan, Kepala SD dan SMP se Kota Payakumbuh serta ribuan siswa-siswi SD dan SMP sebagai peserta program Pesantren Ramadhan.

Dalam sambutannya Benni Warlis menyampaikan melalui program pesantren Ramadhan diharapkan dapat meningkatkan keyakinan dan kecintaan para pelajar kepada Allah SWT. “Ketika cinta kepada Allah telah tumbuh, insya Allah anak-anak bapak bisa mengimplementasikan ajaran yang diturunkan Allah kepada Rasulullah, mencari rumah Allah ketika dimanapun berada dan tentunya membaca serta menghafalkan kitab Allah,” ujar Benni yang juga seorang Buya terkenal dengan majelis Asmaul Husna.

Benni Warlis berharap pesantren Ramadhan dapat menjadi sarana untuk menanamkan tauhid di kalangan pelajar sehingga mampu menjadi embrio menuju masyarakat Payakumbuh yang relijius. Menyampaikan pesan Walikota Riza Falepi, Benni mengucapkan selamat menunaikan ibadah Ramadhan kepada seluruh masyarakat Payakumbuh. “Mari kita manfaatkan bulan Ramadhan sebaik mungkin. Semoga kita maksimal beramal kita  bulan Ramadhan sehingga berbuah manis bagi kita,” pungkas Benni.

Sementara itu pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan, Agustion, menyampaikan bahwa pesantren Ramadhan merupakan pengalihan proses belajar mengajar dari sekolah ke masjid. Ada 76 masjid se Kota Payakumbuh yang akan menjadi lokasi pelaksanaan pesantren Ramadhan berdasarkan kelurahan sebelum penggabungan. Pesantren Ramadhan berlangsung selama 10 hari mulai 11 Juni sampai 20 Juni 2017 diikuti oleh siswa SD dan SMP. Instruktur tetap memberdayakan guru-guru agama baik dari SD maupun SMP. “Semoga syiar Islam tetap jaya di Kota kita ini apalagi di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan pelaksanaan program pesantren Ramadhan dapat lebih meningkat dari tahun ke tahun,” pungkas Agustion.

Apel akbar ditutup dengan pelepasan balon oleh Sekda Kota Payakumbuh sebagai tanda Pesantren Ramadhan dibuka secara resmi. Para pelajar pun mengerumuni pelepasan balon dan bersorak-sorai gembira. Marhaban Ya Ramadhan!. (Jentrael)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.