Pesisir Selatan Butuh SDM Handal Dan Teknologi Garap Potensi Perikanan

oleh -

Pesisir Selatan Butuh SDM Handal Dan Teknologi Garap Potensi Perikanan

SEMANGATNEWS.COM – Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi perikanan laut yang cukup besar. Apabila potensi itu digarap secara maksimal, maka dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para nelayan. Dalam hal ini dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) handal dan teknologi.

“Untuk menggarap potensi perikanan itu dibutuhkan SDM handal dari penyuluh perikanan serta teknologi. Tahun 2021 ini, kita berharap peningkatan SDM tenaga penyuluh perikanan yang ada di lapangan, sehingga mampu melaksanakan fungsi secara maksimal,” kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Senin (25/1) di Painan.

Baca Juga:  Payakumbuh Mengumumkan, Enam Penambahan Kasus Positif Covid-19, Tiga Orang Bebas Isolasi

Menurutnya, Dinas Perikanan diminta memberikan pembinaan agar tenaga penyuluh perikanan tersebut dapat melaksanakan fungsi secara maksimal dalam upaya pengembangan sektor perikanan di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Usaha perikanan membutuhkan pembinaan dan pendampingan secara intensif. Selain itu pelaku – pelaku usaha diminta untuk dapat lebih proaktif, komunikatif dan tentunya juga inovatif. Karena pelaku – pelaku usaha seperti itulah yang sangat dibutuhkan dalam menentukan perencanaan kegiatan dinas kedepan,” ucapnya.

Baca Juga:  Mantan Wamen Pariwisata dan Ekraf; Akibat Ketergantungan Dana TdS Tak Berkembang

Lebih jauh disebutkan, untuk mengoptimalisasi potensi perikanan itu, juga dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, teknologi, pembinaan, sumber daya manusia (SDM) yang handal dan lainnya.

Dalam hal ini, maka Pemkab Pesisir Selatan terus berupaya menggaet program-program perikanan di tingkat pusat yaitu di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.