Petugas Medis IGD Terus Bekerja Meski Panasnya APD Luar Biasa

oleh -

Semangatnews Payakumbuh – Pada masa pandemi Covid-19 ini, petugas kesehatan yang melaksanakan pelayanan medis kepada masyarakat selalu melaksanakan protokol keamanan

Dalam bekerja, contohnya di IGD RSUD Adnaan WD Payakumbuh ini, mereka diharuskan memakai APD yang terdiri dari masker, pelindung mata, pelindung wajah, hazmat, sarung tangan medis, penutup kepala medis, sepatu pelindung.

Bagian yang paling beratnya adalah ketika memakai hazmat. Gaun medis ini digunakan untuk melindungi lengan dan area tubuh dari paparan virus selama tenaga medis melakukan prosedur penanganan dan perawatan pasien.

Jenis hazmat ini terbuat dari bahan serat sintetis, seperti polypropylene, polyester, dan polyethylene, yang dikombinasikan dengan plastik.

Pakaian inilah yang menyebabkan peningkatan panas dalam tubuh, membuat keringat bercucuran serta bergerakpun kaku.

Salah seorang petugas yang tidak mau disebutkan namanya di IGD RSUD Adnaan WD mengatakan bahwa sesuai instruksi pimpinan dalam bertugas pada masa pandemi Covid-19 ini kami wajib melaksanakan protokol yang sudah ditetapkan secara ketat.

“Walaupun tubuh kami terasa panasnya luar biasa dan basah oleh keringat kadang sampai lecet karena setiap hari memakai APD lengkap seperti ini, tapi demi melayani masyarakat, kami tahankan saja, karena itu adalah tugas kami”, ucapnya. (011)