Polisi Tak Sanggup Sendiri, Curhat Kapolres Bersama Wartawan

by -

Oleh : ridwan syarif

SEMANGATNEWS, DHARMASRAYA – Tanpa terasa, ternyata bulan Ramadhan telah berada di ambang mata. Lazim umat Muslim saat akan memasuki bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan penuh ampunan dan berkah melakukan berbagai hal kegiatan positif.

Salah satu di antaranya adalah mempererat hubungan silaturahmi antar sesama. Person to person, antar relasi, rekan sejawat dan sebagainya.

Momen mempererat silaturahmi seperti itu pun tidak ketinggalan dilakukan Polres Dharmasraya bersama kami, Wartawan yang bertugas di daerah Cati Nan Tigo ini, Jum’at (17/3)

Usai jum’atan siang itu bersama para Wartawan di Mesjid Al Amin, sebuah Mesjid mungil nan indah di Kompleks Kepolisian Resort Dharmasraya itu, puluhan Wartawan beserta Kapolres AKBP Nurhadiansyah, S.I.K yang di dampingi para Pejabat dan Perwira di lingkungan Polres bergeser duduk ke sebuah kantin yang masih berdampingan dengan bangunan utama kantor pelindung masyarakat itu.

“Ayo kita makan siang dulu,” ajak Kapolres yang rendah hati ini kepada wartawan yang hadir.

Tidak ada perbedaan menu antara kami Wartawan dengan Kapolres, sama-sama makan nasi bungkus.

“Silahkan bagi rekan-rekan yang mau nambah,” sebut beliau sambil menyodorkan nasi bungkus yang masih utuh pada wartawan yang saat itu duduk saling berhadapan dengan Kapolres.

Usai menikmati santap siang, sembari mencicipi makanan buah, Kapolres bercerita santai sejenak dengan para wartawan.

Kendatipun dalam suasana santai, akan tetapi tampak keseriusan di wajahnya. Keseriusan untuk sebuah solusi terkait maraknya akhir-akhir ini berbagai penyakit masyarakat, sebutlah peredaran Narkoba, kecelakaan lalu lintas yang meningkat akibat tidak tertibnya di jalan raya, serta kasus pencurian kendaraan bermotor.

“Mohon bantuan dan kerjasama rekan-rekan media, kita bentengi diri, orang terdekat kita, anak-anak kita dari Narkoba. Bayangkan, saat ini pelaku Narkoba sudah berani melakukan transaksi di halaman kantor Bupati, padahal di situ banyak anak-anak yang main, bahkan ada Satpol PP yang nge pam (pengamanan) di situ,” sebut Kapolres sesaat setelah shalat Jum’at kepada Wartawan.

“Mari kita bentengi orang-orang terdekat kita, anak-anak kita, saudara-saudara kita. Kalau sudah kita bentengi, masih ada juga yang jualan Narkoba, tentu barangnya tidak laku,” sambungnya lagi

Terkait kecelakaan Laka Lantas beliau berharap sampaikan pada masyarakat akan pentingnya patuhi aturan dan tertib di jalanan.

“Tahun lalu, 2022 hingga bulan ketiga atau Maret yang meninggal akibat Laka Lantas delapan orang. Tahun ini sampai Februari saja sudah delapan orang,” sebut Kapolres yang terbilang baik oleh masyarakat ini.

“Rata-rata yang meninggal Laka Lantas ini, dari data yang kami miliki, tidak memakai Helm. Tolong sampaikan hal ini ke masyarakat,” harap beliau.

“Kita tidak tahu, kalau sudah mengalami kecelakaan, bagaimana masa depannya,” tukuk Ajun Komisaris Besar Polisi ini.

Pesan membentengi diri ini, tidak hanya ditujukan kepada kawan-kawan, akan tetapi juga untuk diri saya.

“Semoga saya terhindar dan selamat dari itu,” harapnya.

“Polisi tak kan mampu bertindak sendiri, bahkan Polisi sendiripun banyak yang terjebak dengan barang haram ini, jadi sekali lagi mohon bantuan dan kerjasama kawan-kawan wartawan untuk saling mengingatkan,” terangnya.

Berhubung masih ada agenda lain terkait keberhasilan pengungkapan pelaku tindak kejahatan Curanmor selama Ops Jaran Singgalang 2023, seluruh awak media beranjak menuju lokasi Press Conference, menerima keterangan dari beliau dan Kasat Reskrim sehubungan pengungkapan kasus pencurian 8 unit kendaraan roda dua beserta 4 orang pelaku. Tampak terlihat dari wajah mereka kelihatannya para pelaku masih tergolong muda belia.

Tak dapat hendak di kata, bak kata pepatah, Tangan mencincang Bahu memikul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.