POSITIF RATE COVID 19 DI SUMBAR MELIJIT; WAGUB AUDY MINTA AKTIFKAN POSKO SAMPAI KE NAGARI

oleh -

POSITIF RATE COVID 19 DI SUMBAR MELIJIT; WAGUB AUDY MINTA AKTIFKAN POSKO SAMPAI KE NAGARI

SEMANGATNEWS.COM-Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi menginstruksikan semua nagari dan desa agar membentuk dan mengoptimalkan Posko Covid-19, guna mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Apalagi dalam dua minggu terakhir ini terjadi tren kenaikan jumlah positif Covid-19 di Sumbar.

Menurut Wagub Audy, jumlah positif Covid-19 di Kota Padang, Kab. Limapuluh Kota, Kab. Sijunjung dan Kab. Solok Selatan naik terus. Sehingga positivity rate (PR) Sumbar mencapai 17,6 persen. “Peningkatan PR ini sebuah kondisi serius dan harus kita cegah. Karena itu sangat tepat jika Kemendagri memasukkan Provinsi Sumbar dalam PPKM Berbaris Mikro,” kata Wagub Audy lagi.

Baca Juga:  Katib Buya Masoe'd Abidin; Patuhi Prokes Covid 19 dan Selalu Berdoa

Instruksi dan harapan Wakil Gubernur Audy Joinaldi ini disampaikan dalam Rakor Virtual Dinas PMD Sumbar tentang pelaksanaan Instruksi Mendagri No.9/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat Nagari, Desa dan Kelurahan, yang berlangsung via zoom meeting, Jum’at (23/4) lalu.

Dalam Rakor dengan moderator Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM. ini, Wagub Audy menjelaskan fungsi dan peran Posko Covid-19 di nagari dan desa, yaitu fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung pelaksanakan penanganan Covid-19 di nagari atau desa. “Jadi tidak ada masalah Covid-19 yang lepas dari penanganan Posko Nagari atau Posko Desa,” kata Audy Joinaldi.