Pram Kepala DPMD/N yang Baru

by -

Semangat Limapuluh Kota-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari (DPMD/N) Kabupaten Limapuluh Kota mempunyai tugas yang cukup berat. Apalagi dengan jumlah pemerintahan nagari yang mencapai 79 wali nagari serta dua nagari persiapan.

Demikian Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Limapuluh Kota H. Taufik Hidayat,S E, MH dalam arahannya pada acara serahterima jabatan Kepala DPMD/N setempat dari pejabat lama Usman, S.Pd, M.Pd kepada pejabat yang baru Drs. Ahmad Zuhdi Perama Putra, M.Si, Jumat (19/1).

“Sesuai nama dinasnya yaitu pemberdayaan masyarakat, saya berharap DPMD/N ini betul-betul mampu membuat pemerintahan nagari di daerah ini menjadi hebat dan kuat. Agar setiap pekerjaan terlaksana dengan baik dan lancar, seluruh aparatur pada dinas ini harus sama-sama bekerja dan bekerjasama,” ungkap Taufik.

Diakui Taufik, memang tidak mudah bagi DPMD/N di daerah ini mengurus seluruh nagari di daerahnya. Apalagi dengan kondisi keterbatasan personil dan peralatan uang dimiliki. Menyikapi ini, DPMD/N harus mampu merumuskan strategi yang jitu di bidang pemberdayaan masyarakat dan nagari.

“Kita berharap DPMD/N terus berinovasi atau menimbulkan ide-ide baru di bidang pemberdayaan masyarakat dan nagari. Agar setiap tugas terlaksana dengan baik, seluruh aparatur di dinas ini perlu menerapkan pituah orang Minang ringan sama dijinjing, berat sama dipikul,” tutur Taufik.

Masih dalam rangka efektifitas pemberdayaan masyarakat dan nagari, Taufik juga meminta DPMD/N melakukan pemetaan nagari sesuai tingkat kemajuannya, agar pembinaan nagari tidak berlangsung secara serampangan. Sebab, pembinaan nagari yang maju tentu berbeda dengan penanganan nagari yang belum maju.

“Karena tingkat kemajuan satu nagaru dengan nagari lainnya berbeda, tentunya pembinaan nagari itu juga tidak sama,” ujar Taufik.

Dalam kesempatan itu Taufik juga mengingatkan DPMD/N bekerja sesuai mekanisme aturan berlaku agar tidak berbuntut hukum. Apalagi kini alokasi dana nagari sudah cukup besar dengan kisaran hingga Rp2 milyar.

“Ini tatangan bagi pejabat yang baru,” ulas Taufik.

Sebelumnya Kepala DPMD/N Ahmad Zuhdi Perama Putra dalam penyampaiannya menyatakan siap melaksanakan tugas sesuai amanah yang diberikan pimpinan. Untuk sukses, ia berharap dukungan dan kerjasama dengan berbagai pihak terutama seluruh staf.

“Saya berharap dalam pelaksanaan tugas nantinya benar-benar didukung penuh seluruh pihak terutama unsur pimpinan dan para staf,” ucap Ahmad Zuhdi yang akrab disapa Pram.

Menurut Pram, pembangunan nagari tidak hanya berkutat pada bidang pembangunan fisik, namun yang lebih utama adalah membangun manusianya, perubahan pola fikir dan mentalitas ke arah yang lebih baik. Itu semua akan menjadikan suatu nagari yang maju.

Pada kesempatan itu juga di serahterimakan jabatan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dari pejabat yang lama Dra. Elfida kepada pejabat yang baru Epi Andri, S.KM.()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.