Prihatin Dengan Hasil Panen Petani di Wilayahnya, Serma M. Subaidi Gandeng PT Agricon Sosialisasikan Produknya

oleh -

Cilacap – Pada musim panen ini, hasil panen padi petani sangat menurun. Hal tersebut dikarenakan hawa wereng yang menyerang tanaman padi. Prihatin dengan apa yang menimpa para petani di wilayahnya, Babinsa Mulyadadi Koramil 13/Majenang Serma M. Subaidi gandeng PT Agricon yang memproduksi obat pengendalian hawa padi untuk mensosialisasikan produknya kepada Kelompok Tani “Ratih” di Area Sawah Desa Mulyadadi Kecamatan Majenang, Selasa (15/9/2020).

Dalam sosialisasinya pihak PT Agricon melalui Yuda Andika menjelaskan beberapa produk pembasmi dan pengendalian hama seperti tanaman padi, cabai, kacang panjang, tomat dan tanaman lainnya. Untuk pengendalian hama tanaman padi, Tenchu menjadi andalan petani dalam mengendalikan wereng pada pertanaman padi. Tenchu 20SG dinilai bekerja secara kontak dan sistemik, tahan hujan dan melindungi seluruh bagian tanaman tanpa memerlukan penyemprotan yang berulang.

Selain itu, Yuda juga memperkenalkan salah satu produknya untuk pengendalian beluk atau sundep pada tanaman padi. Sundep atau Beluk merupakan hama utama pada tanaman padi yang menimbulkan kerusakan berat dan kehilangan hasil panen yang tinggi. Serangan Sundep atau Beluk biasanya terjadi saat musim hujan. Untuk jenis hama ini, Yuda menyarankan para petani untuk menggunakan Spontan.

Untuk pengendalian patah leher dan jamur oncom pakai Blast karena keunggulannya mengendalikan lebih banyak penyakit seperti Blas/Patah Leher, Bercak daun sempit, Hawar pelepah dan Bercak coklat. Selain itu juga menjadikan daun bendera terlihat lebih hijau dan sehat serta menjaga proses pembentukan malai sehingga lebih panjang dan produktif untuk menghasilkan bulir berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut, Serma M. Subaidi mengharapkan agar apa yang disampaikan dari pihak PT Agricon bisa menambah wawasan para petani terkait produk obat untuk pembasmi maupun pengendalian hama tanaman padi maupun tanaman holtikultura lainnya agar pada musim tanam dan panen berikutnya, para petani bisa mengendalikan hama tanaman padi sehingga hasil panennya meningkat.