Prosesi Pengukuhan Gelar Adat Sukri Umar Dt.Pado Basa di Kanagarian Lubuak Alung

oleh -

Prosesi Pengukuhan Gelar Adat Sukri Umar Dt.Pado Basa di Kanagarian Lubuak Alung

SEMANGATNEWS.COM- Kaciak banamo, gadang bagala. Gala bukan sumbarang gala, tapi gala niniak mamak kaum. Itulah yang disandang Sukri Umar yang bagala DATUAK PADO BASA dari suku Jambak kanagarian Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Jika tak ada aral melintang, Minggu (13/6) adalah puncak rangkaian acara adat malewakan gala Dt Pado Basa, suku Jambak kenagari Lubuk Alung kepada Sukri Umar yang kini berusia 44 tahun (17-07-1977).

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Ungkapkan Sumbar Memiliki Potensi Wisata Yang Lengkap

Acara prosesi batagak gala tersebut dilaksanakan di Korong Ganting Nagari Lubuk Alung, tak jauh dari stadion utama Sumatera Barat.

Ketua KAN Lubuk Alung Eri Dt Batuah menjelaskan, secara kelembagaan malewakan gala Dt Pado Basa sudah dilegalisasi melalui rekomendasi KAN serta pemberitahuan pengangkatan penghulu beserta perangkatnya pada pihak terkait, termasuk kepolisian.

Baca Juga:  Hari Ini Tanah Datar Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sebanyak 45 Orang

Surat tersebut secara syah dikeluarkan sesuai tatanan di kerapatan, yakni melalui sidang dengan perangkat yang akan di lewakan. KAN telah mengeluarkan surat No 018 tahun 2021, katanya.

“Atas nama kerapatan adat kami mengucapkan selamat memangku amanah sebagai penghulu dan akan dilewakan di labuah nan rami. Kami niniak mamak berharap agar dengan dilewakan gala, kok putiak ka manjadi buah agar Sukri Umar Dt Pado Basa menambah kebaikan bagi niniak mamak yang ada saat ini,” ulasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.