Protes Marga Masiku Terhadap Tayangan ILC TV One “Bertajuk Masiku, Lenyap Ditelan Angin”

oleh -

Protes Marga Masiku Terhadap Tayangan ILC TV One “Bertajuk Masiku, Lenyap Ditelan Angin”

Semangatnews, Sulsel-Sekelompok orang dari marga Masiku, menuntut stasiun televisi swasta TV One untuk mengklarifikasi dan meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat atas tayangan program Indonesia Lawyer Club (ILC), Selasa, (28/1/2020).

Salah satu orang yang menyatakan protes, Anselmus AR Masiku ILC yang pada saat itu mengangkat tema “Masiku, Lenyap Ditelan Angin” telah salah kaprah.

“Tema ILC, di TV One telah melanggar etika, secara serampangan menggunakan nama Masiku,” kata Anselmus melalui keterangan persnya, Senin (17/2/2020).

Menurutnya, ILC seharusnya tidak sembarangan mengangkat tema, sebab Masiku sebenarnya adalah marga dari Desa La’bo di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

“Tema ini dapat saja diframing, seolah mengatakan bahwa Masiku melakukan tindak pidana korupsi, nama Masiku bukanlah hanya digunakan oleh seorang bernama Harun Masiku, tetapi juga digunakan oleh banyak orang yang memiliki hubungan keluarga dengan Harun Masiku, semua pengguna nama Masiku masih memiliki hubungan keluarga,” jelasnya.

Atas dasar itu, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kendari itu meminta ILC untuk mengklarifikasi dan meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat.

“Kami meminta ILC untuk membuat klarifikasi dan meminta maaf secara terbuka di media nasional baik TV maupun media online sebanyak 7 hari berturut-turut sejak protes kami ini diterima,” kata Anselmus menegaskan.

Diketahui, dalam program televisi berdurasi kurang lebih 4 jam yang dipandu presenter senior Karni Ilyas mengangkat tema “Masiku, Lenyap Ditelan Angin”.(smngtnews/suara com)