Puluhan Warga Yang Kesasar Di Kamang Agam Ditemukan

by -
Camat Kamang Magek, Rio Eka Saputra. S.IP.M.SI. Puluhan Warga Suayan Lima Puluh Kota yg kesasar di wilayah Kamang sudah ditemukan.

Puluhan Warga Yang Kesasar Di Kamang Agam Ditemukan

Semangatnews, Agam Timur – Puluhan warga Suayan Lima Puluh Kota kesasar di hutan Jorong Babukik Kamang Magek Kab.Agam-Sumbar sejak Sabtu sore 3/10. Sampai tadi malam pkl.20.00 wib, sudah ditemukan dan mereka dalam kondisi kelelahan sehingga masih bertahan di dalam hutan, sampai menunggu bantuan untuk dievakuasi.

Hal tersebut dibenarkan Camat Kamang Magek, Rio Eka Daputra ,S.IP,M.Si, “Sampai tadi malam sekitar pukul 22.00 ditemukan dalam kondisi kelelahan di dalam hutan sampai menunggu bantuan untuk dievakuasi ketika menjawab pertanyaan wartawan yang dihubungi lewat pesan whatsApp nya Minggu pkl.21.08 malam,” ucap nya.

Kronologi peristiwa unik yang membuat kecemasan warga Suayan Lima Puluh Kota, karena lokasi hutan Jorong Bukik Batu Bajak Kamang Magek Kab.Agam yang berbatasan dengan Nagari Suayan, awalnya tim rombongan yang berjumlah 98 orang melakukan dan menelusuri serta melakukan surve mencari sumber air, sekaligus mencari potensi objek wisata.

Setelah mereka memasuki hutan yang memasuki wilayah Jorong Bukik Batu Bajak Kamang Hilia, Kab. Agam mereka kehilangan jejak sejak Sabtu sore 3/10 sehingga pecah kabar buruk yang mana dilaporkan dari Lima Puluh Kota warga nya kesasar karena Sabtu sorenya mereka masih bisa dihubungi pkl.20.30 lewat telepon genggamnya dan mereka memberi tahu telah kehabisan bekal.

Ia menambahkan, Setelah ditemukan 14 orang dan lainnya yang masih kehilangan jejak terus dilakukan penyisiran di lokasi hutan belantara namun berkat kerjasama yang maksimal dan gigih sehingga ditemukan lah warga yang berjumlah 72 orang dalam kondisi kelelahan, kendatipun penemuan rombongan yang tersisa sampai larut malam dan evakuasi dikembalikan ke Suayan Lima Puluh Kota,” jelas Camat Rio Eka Putra yang juga langsung mengikuti peristiwa kejadian.

Tim BPBD Agam langsung turun lapangan untuk mengevakuasi kejadian dan 30 orang masyarakat Suayan mencari keberadaan warga nya dan dipandu masyarakat Jorong Babukik, Nagari Kamang Hilia namun tidak ditemukan sampai Sabtu malam itu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam Syafrizal pencarian dengan mengerahkan anghota Satgas dan Pusdalops 5 orang dan dibantu oemerintahan Kecamatan serta masyarakat Nagari Kamang Hilia 20 orang.
Pagi Minggu 4/10 ,siang ditemukan lah 14 orang dari 86 orang yang tersesat dalam kondisi sehat dan yang lainnya masih dalam pencarian oleh Tim BPBD serta Pemerintahan Kecamatan dan warga. (YET).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.