Rano Karno Kagumi dan Apresiasi Seni Budaya Sumbar

oleh -
Rano Karno dan Yusman di studio Tegal Senggotan RT 02-RW 11, 53, Tirtonirmolo, Kasihan Bantul, Yogyakarta

Yogyakarta – Rano Karno (61 th) aktor dan sutradara serta mantan Gubernur Banten Jawa Barat, menyatakan kekagumannya sekaligus mengapresiasi kegiatan seni budaya di Sumatera Barat yang sejak lama hingga kini terus menggeliat di tengah-tengah kemajuan dan perkembangan zaman.

Hal itu ditandai tinggi dan beragamnya kegiatan seni budaya Sumatera Barat tampil untuk publik, baik di tanah leluhur kelahiran ayahnya Sukarno M. Noer asal Pasaman, Sumatera Barat maupun di tingkat nasional bahkan internasional yang sejatinya harus tetap dipertahankan setiap ruang dan waktu.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Minta Dukungan MPR Guna Kelanjutan Monumen PDRI

Demikian dikemukakan Rano Karno saat melakukan kunjungan silaturahmi ke studio pematung Sumatera Barat asal Pasaman, Yusman (57 th) yang baru saja usai mengikuti pameran besar seni rupa Sumatera Barat 8 sd 13 November 2021 lalu di kota Payakumbuh. Yusman merupakan salah seorang teman dekat dan sahabat yang telah lama di kenalnya melalui dunia seni rupa seperti seni patung di Tegal Senggotan RT 02/RW 11, No. 53, Tirtonirmolo, Kasihan Bantul, Yogyakarta, Rabu, 17/11/21 kemarin.

Menurut Rano Karno, melalui ayahnya Sukarno M. Noer semasa beliau masih hidup serta sumber-sumber lain yang ditelusurinya, ia mengaku banyak belajar tentang kebudayaan Minangkabau terutama dalam persoalan seni budaya leluhur kelahiran orang tuanya itu.

Baca Juga:  Pendaftaran Calon Anggota Dewan Pers Periode 2022-2025 Pers Dibuka

Dalam seni budaya tersebut terdapat seperti seni pertunjukan, sastra, teater, randai, saluang, rabab dan musik secara umum, juga tidak ketinggalan dunia seni rupa dalam etalase seni rupa Indonesia yang tetap saja terus menggeliat di tengah-tengah masyarakat sekalipun dalam kondisi covid 19 yang melanda dunia hingga saat ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.