Reaksi Ketua Organisasi Bundo Kanduang Sumatera Barat tentang Baju Adat yang Dipakai Puan

oleh -
Reaksi Ketua Organisasi Bundo Kanduang Sumatera Barat Tentang Baju adat Yang Dipakai Puan

SEMANGATNEWS.COM – Puan Maharani Memakai Pakaian adat Minang Kabau Sumatera Barat Saat membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Ke-76 di Istana Negara, Selasa (17/8/2021).

Dari berbagai Kalangan tentu menimbulkan reaksi tak terkecuali Ketua Umum Organisasi Bundo Kanduang Minang Kabau Sumatera Barat. Puti Reno Raudhatul Jannah Thalib. Beliau Mengaku Sangat Bangga Melihat Puan Mengenakan Pakaian adat Minang Kabau tersebut.

“Secara tidak langsung, Puan ikut memperkenalkan Budaya Minangkabau lewat pakaian adat yang terkenal dengan sistem matrilineal,” kata Raudah Thaib Ketika dihubungi CNNIndonesia.com Selasa (17/8).

Sastrawan Minangkabau itu juga mengatakan pakaian yang digunakan Puan tersebut merupakan pakaian adat yang berasal dari Lintau, Tanah Datar, Sumatera Barat. Namun sudah dilakukan beberapa modifikasi pada beberapa detailnya.

Baca Juga:  PERPUSTAKAAN SUMBAR KINI DILENGKAPI IRWAN PRAYITNO CORNER

Pakaian adat Lintau yang digunakan Puan, kata Raudah bernama Takuluak Tanduak Balenggek, yang digunakan oleh perempuan keturunan Raja Minang atau anak Penghulu pada saat baralek atau pesta pernikahan. Takuluak berarti kain untuk menutup rambut dan kepala, tanduak artinya tanduk, karena merujuk tanduk kerbau yang menjadi ciri khas Minangkabau, sedangkan balenggek memiliki arti bertingkat.

Baca Juga:  Soal Pengaduan ke Dewan Pers; Catatan Hendry Ch Bangun

“Pakaian itu dikenakan oleh perempuan Minangkabau pada saat baralek gadang (pesta pernikahan). Namun yang boleh menggunakan itu hanya kemenakan rajo atau anak penghulu Minangkabau,” jelas Raudah Thaib.

Raudah menyatakan, Puan Maharani merupakan anak seorang Datuak Minangkabau. Tidak hanya itu, Megawati, Ibu Puan juga sudah pernah diberi gala (gelar) kekerabatan Puti Reno Nilam oleh Istano Salinduang Bulan Pagaruyung pada saat beliau menjabat sebagai presiden, jadi Puan layak untuk mengenakannya.

No More Posts Available.

No more pages to load.