Riza Falepi : UMKM Go Internasional, Tak Hanya Rendang, Keripik Singkong Juga Bisa

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Wali Kota Riza Falepi menjadi bintang dalam talkshow yang mengulas potensi usaha kecil menengah (UKM) menembus pasar internasional yang diselenggarakan portal tribunpadang.com di Ball Room Hotel Santika Premier, Padang, Sumatera Barat, Rabu (10/8).

Sebagai kepala daerah yang pelaku industri rendangnya dapat mengekspor produk ke pasar internasional, Wali Kota Riza Falepi di hadapan menteri dan kepala daerah lain yang hadir memaparkan bagaimana Pemerintah Kota Payakumbuh bisa menyediakan dapur memasak rendang yang telah bersertifikat ISO 22000 dan berstandar ekspor, Sentra IKM Randang.

Baca Juga:  Payakumbuh Selection Tekuk Rajawali, Edward DF Serahkan Tropi dan Dana Operasional Turnamen Muda'S Top

Bahkan, Riza Falepi mendapat banyak pertanyaan dari moderator dan hadirin bagaimana suksesnya Kota Payakumbuh bisa memasarkan produk kuliner kebanggaan orang minangkabau ke kancah internasional.

“Saya bahkan bisa menyampaikan uneg-uneg langsung kepada kementerian terkait apa yang masih kurang di Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh,” kata Riza kepada media usai menghadiri acara tersebut.

Baca Juga:  Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Penyelenggara Administrasi Kependudukan Terbaik Tingkat Provinsi Sumbar

Riza mengakui, sejak awal sebenarnya pelaku industri rendang di Kota Payakumbuh sudah bergeliat, tetapi baru bisa memasok untuk pasar lokal. Riza mengaku pihaknya mengupayakan produk rendang mereka bisa di jual ke pasar yang lebih besar, yakni ke luar negeri, artinya pelaku IKM naik kelas.

“Kita menangkap peluang dari kementerian dengan dana alokasi khusus untuk membangun sentra IKM berserta dapur yang representatif. Alhamdulillah segala prosesnya telah berjalan hingga kini Kota Payakumbuh menjadi contoh baik, banyak pemda dan lembaga lain belajar ke Sentra IKM Rendang,” paparnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.