Safari Ramadhan, Gubernur Mahyeldi Ajak Masyarakat Bentuk Karakter Generasi Muda Melalui Optimalisasi Fungsi 3 Rumah

by -

SEMANGATNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin Gubenur Mahyeldi Ansharullah mengunjungi Masjid Al-Mujahirin, Jorong Gaduang, Nagari Lubuk Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Minggu (16/4/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Mahyeldi mengajak masyarakat untuk berperan aktif mempersiapkan generasi muda Sumatera Barat (Sumbar) menjadi generasi yang kuat dimasa mendatang.

Menurut Mahyeldi, peran tersebut dapat diwujudkan melalui optimalisasi fungsi tiga rumah dilingkungan sekitar masyarakat sebagai ekosistem pembentuk karakter, yakni Rumah Tangga, Rumah Sekolah dan Rumah Ibadah.

“Generasi muda Sumbar harus kuat ahklaknya, kuat imannya dan kuat wawasannya. Untuk mencapai itu, fungsi 3 rumah harus dioptimalkan mulai dari rumah tangga, rumah sekolah dan rumah ibadah,” jelas Mahyeldi.

Mahyeldi menambahkan, memperkuat generasi muda merupakan perintah Allah SWT yang tertuang pada salah satu ayat dalam Al Qur’an yang artinya “hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka”.

“Artinya itu bukan hanya tanggungjawab kita sebagai orang tua, tapi juga merupakan ibadah kita kepada Allah SWT karena telah melaksanakan perintahnya,” ungkap Mahyeldi.

Disamping itu, dalam kesempatan yang sama Bupati Solok Selatan, Khairunas menyampaikan atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kecamatan Sangir, Ia mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sumbar beserta rombongan atas kunjungan dan silahturahmi dalam rangka safari ramadhan ke Kabupaten Solok Selatan

“Kita berterima kasih kepada Bapak Gubernur, Beliau telah banyak membantu pembangunan Kab. Solok Selatan, perhatiannya tidak hanya dalam bentuk anggaran tapi juga gagasan,” ucap Khairunas.

Selanjutnya dalam acara Safari Ramadhan tersebut, Gubernur Mahyeldi menyerahkan bantuan pembangunan Masjid Al-Mujahirin berupa uang sebesar Rp. 50 juta. Kemudian diikuti oleh Bank Nagari sebesar Rp.5 juta, Jamkrida Rp. 5 juta dan Dinas Pendidikan Sumbar senilai Rp. 3 juta.

Kemudian Dinas Kesehatan Sumbar juga memberikan bantuan berupa makanan tambagan bergizi untuk Balita sebanyak 300 kotak dan untuk Ibu hamil sebanyak 80 kotak untuk mengurangi angka Stunting di Kab. Solok Selatan.

Terakhir, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov. Sumbar menyerahkan sejumlah Al-Qur’an dan kain sarung kepada pengurus masjid. (adpsb)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.