Sambut Ramadhan, Pesantren Taajul Huffazh Payakumbuh Kembali Santuni Warga Parit Rantang

by -

SEMANGATNEWS.COM – Mengekspresikan kebahagiaan menyambut Bulan Suci Ramadhan, Pesantren Taajul Huffazh Parit Rantang kembali menyantuni warga sekitar dengan membagi 300 paket oleh-oleh Ramadhan, Selasa (21/3/2023).

Acara tarhib Ramadhan yang diselenggarakan di Mushalla Nurul Iman Parit Rantang tersebut ramai dipadati warga setelah shalat Isya. Acara turut dihadiri Ketua DPRD Kota Payakumbuh dan Sekum MUI Kota Payakumbuh Buya H Hannan Putra Lc MA sebagai nara sumber.

Mudir Pesantren Taajul Huffazh Payakumbuh, Buya Yahdi mengatakan, bahwa pesantren harus menjadi cahaya di tempat ia berada. Fungsinya menjadi “suluh” untuk menerangi sekitarnya dengan cahaya ilmu. “Banyak masyarakat yang belum faham fiqh puasa dan bagaimana beribadah di Bulan Ramadhan. Jadi kita paparkan penjelasannya dalam bentuk acara tarhib ramadhan,” papar beliau kepada wartawan.

Sebagaimana kegiatan sebelumnya, Pesantren Taajul Huffazh juga membagikan 300 lebih paket oleh-oleh ramadhan kepada masyarakat sekitar. “Ini sebagai ta’lif untuk melunakkan hati mereka. Agar nanti di bulan Ramadhan mereka mau memakmurkan masjid dan mushalla sekitar. Kami juga sedang mendidik santri untuk bersedekah. Pendidikan karakter untuk mengikis kecintaan dunia,” papar Buya Yahdi.

Pesantren Taajul Huffazh merupakan pesantren non-provit yang sangat jarang ditemui saat ini. Pengelola pesantren tak memungut bayaran sepeserpun dari siswa. Santri tidak hanya dibekali materi kepesantrenan, tapi juga lifeskill agar kelak punya kemapanan ekonomi. Para santri pun dilatih menjadi “tangan di atas” yakni suka memberi, bukan sebagai menerima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.