Sambut Ramadhan, Warga Kubu Gadang Goro Di Pandam Kapalo Bonda

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Tradisi masyarakat Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat jelang memasuki bulan suci Ramadhan menggelar ziarah serta gotong royong (Goro) bersama di padam kuburan Kapalo Bonda, meski masih di suasana pandemi covid-19 dan sempat di undur, goro akhirnya dilakukan juga, Minggu pagi, (4/4/2020)

Tahun lalu sempat ditiadakan, hari ini gotong di pandam kembali di laksanakan sejak pukul 07:00 wib pagi, warga tampak mulai berdatangan ke Pandam Kapalo Bonda, Goro Bersama penuh kekeluargaan ini juga ajang silaturahmi karena dihadiri oleh keluarga besar Kelurahan Kubu Gadang Para Pemuka, Tokoh masyarakat, Ninik Mamak serta tampak juga para perantau hadir di pekuburan Kapalo Bonda.

Baca Juga:  Edward Serahkan 100 Helai Pakaian, Sukseskan Yatim Balaki

“Gotong Royong Padam Kuburan Kapalo Bonda kita bersama saling mendoakan, bersilaturahim, dan saling memaafkan jelang ramadhan, “kata Andi Malaway yang merupakan anak dan menantu orang Kubu Gadang.

Sembari warga goro, ada juga beberapa orang warga yang membaca ayat-ayat Al Qur’an dan doa dengan duduk di atas hamparan tikar yang sudah disediakan di sekitar kawasan pandam kapalo koto.

Baca Juga:  Covid-19 di Tanah Datar Masih Bertambah Hari Ini Terkonfirmasi Positif Tiga Orang

“Setelah melaksanakan Gotong Royong bersama dilanjutkan dengan minum Kawa yang disediakan oleh ibu-ibu yang sejak pagi telah menyiapkan makanan dan minuman untuk dunsanak yang telah melaksanakan Gotong Royong dan diakhir kegiatan ditutup dengan makan bersama, “ujar Andi Malaway. (07)