Sat Lantas Polres Payakumbuh Amankan Puluhan Unit Ranmor R.2 Balap Liar Dan Knalpot Racing

by -

SEMANGATNEWS.COM – Guna mengantisipasi balap liar (Bali) jajaran Sat Lantas Polres Payakumbuh menggelar patroli di sejumlah wilayah baik di pusat keramaian kota atau pada lokasi rawan balap liar baik itu di Jln Sudirman maupun di Jln Soekarno Hatta, Minggu, (6/6/2021).

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira melalui Kasat Lantas AKP Yuneldi Chainir mengatakan, aksi balap liar sepertinya sudah menjadi kebiasaan oleh sekelompok pemuda pada setiap hari Sabtu pada malam minggunya dan ini sudah sangat meresahkan masyarakat.

“Untuk mengantisipasinya di lakukan patroli hingga larut malam yaitu dari pukul 01.00 Wib s.d. 04.00 Wib dini hari agar situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif,” jelas Kasat Lantas Yuneldi.

“Ini juga dalam rangka mengantisipasi gangguan Kamtibmas, terutama balap liar dan penggunaan knalpot racing yang sangat meresahkan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, petugas pada saat melaksanakan patroli menghampiri komunitas motor, dan dalam kesempatan tersebut diberikan pembinaan dan penyuluhan kepada anggota komunitas untuk tidak melakukan balapan liar yang merugikan diri sendiri dan meresahkan masyarakat, dan bagi yang membandel serta tidak dapat memperlihatkan surat-surat kendaraannya langsung kita amankan.

“Di samping itu patroli antisipasi balap liar dan knalpot racing ini bertujuan untuk mencegah dan mempersempit ruang gerak kemungkinan berkembangnya kegiatan balapan liar atau penggunaan knalpot racing yang suaranya sangat membuat kita tidak nyaman dan street cryme yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dan sangat mengganggu pengendara jalan lain, ujar Kasat Lantas.

Sejauh ini untuk mengantisipasinya kami sudah menyiagakan personel untuk melakukan patroli dan hunting secara bersama-sama.

Selain di pusat keramaian, dan rawan kegiatan balap liar, patroli juga di arahkan ke Jln Soekarno Hatta, karena jalan ini yang sering di jadikan ajang balap liar oleh sekelompok pemuda.

“Pada saat pelaksanaan patroli ini kami berhasil menjaring 20 (dua puluh) unit ranmor R.2 yang tidak dapat memperlihatkan surat- surat kendaraannya dan juga didapati menggunakan knalpot racing, dan sekarang di amankan di mako Polres Payakumbuh guna pengusutan lebih lanjut,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.