Sekdako Rida Ananda Buka Lomba Literasi, Pemko Ajak Masyarakat Memanfaatkan Perpustakaan

oleh -
IMG-20190828-WA0111-01

Sekdako Rida Ananda Buka Lomba Literasi, Pemko Ajak Masyarakat Memanfaatkan Perpustakaan

Semangatnews, Payakumbuh – Untuk meningkatkan minat baca masyarakat kota Payakumbuh, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Payakumbuh mengadakan lomba baca puisi dan mendongeng yang diikuti oleh masyarakat umum dan guru PAUD, TK, SD se-kota Payakumbuh. Kegiatan ini mengusung tema perjuangan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74. Kegiatan berlangsung di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Payakumbuh, Rabu (28/8).

Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyampaikan tujuan dan maksud dari kegiatan lomba ini dilangsungkan,

“Lomba ini kita buat bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat dan budaya baca masyarakat serta mengembangkan pengetahuan dan daya imajinasi masyarakat melalui penciptaan suatu karya berdasarkan informasi”, ungkap Kadis Perpustakaan dan Kearsipan kota Payakumbuh Prima Yanuarita, SH, S. Msi.

Dilanjutkan, selain untuk menumbuhkan minat dan budaya baca, kegiatan ini dilangsungkan untuk mensosialisasikan keberadaan perpustakaan umum daerah serta mengoptimalkan manfaat perpustakaan bagi masyarakat agar menyadari bahwa perpustakaan bukan hanya tempat membaca dan meminjam buku, tapi perpustakaan bisa dijadikan sarana untuk banyak kegiatan lainnya seperti lomba dan pelatihan serta sosialisasi yang mana kegiatan ini tentunya bersumber dari buku yang tersedia di perpustakaan kota Payakumbuh”, tambahnya.

Walikota Payakumbuh yang diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda mengatakan bahwa, literasi itu merupakan kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi,

“ketrampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktifitas membaca dan menulis, maka dengan proses membaca dan menulis ini akan dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari”, ungkap Rida.

Ditambahkan, jalan terbaik untuk mencapai masyarakat yang maju adalah dengan ilmu. Ilmu akan kita peroleh melalui belajar dan membaca dan salah satu sarana untuk belajar dan membaca telah disediakan oleh perpustakaan kota Payakumbuh.

Rida juga menghimbau dan mengajak kepada masyarakat kota Payakumbuh agar menjadi anggota perpustakaan,
“Dalam kesempatan ini saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Payakumbuh agar segera mendaftar dan menjadi anggota perpustakaan kota Payakumbuh, sehingga koleksi dan bahan yang ada di perpustakaan kita ini bermanfaat Untuk semua”, imbuhnya.

Lomba yang berlangsung selama 2 hari ke depan ini mengundang juri yang sudah berpengalaman di bidang literasi seperti Iyut Fitra dan Okta Paliang yang merupakan sastrawan kota Payakumbuh serta Pandu Birowo dosen ISI Padang Panjang. Kegiatan lomba ini menyediakan tabanas dengan total puluhan juta dalam semua kategori yang dilombakan.