Sekdaprov Sumbar, Bangun Kebersamaan Dalam Majukan Daerah

oleh -

Sekdaprov Sumbar, Bangun Kebersamaan Dalam Majukan Daerah

Semangatnews.com, Padang – Membangun kemajuan daerah mesti dimulai dari membangun kebersamaan di daerah terlebih dahulu, karena tanpa kebersamaan yang kokoh semua ide dan gagasan pembangunan akan terasa sulit diwujudkan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Drs. Alwis pada saat dialog audiensi ketua UMKM Kecamatan Palupuh Adelina Sovya, S.Ag. di ruang kerjanya Kantor Gubernur, Kamis (29/8/2019).

Lebih lanjut Sekda sampaikan, semangat musyarawah mufakat sebagai jatidiri daerah merupkan kekeluatan budaya yang baik bagi daerah kita di Sumatera Barat.

Peran dan fungsi, ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang, generasi muda parik paga dalam nagari memiliki nilai yang mesti jadi perhatian kita memberdayaan masyarakat ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

“Oleh karena itu, jika ada keinginan anak nagari punya ide dan gagasan memajukan pembangunan di nagari agar, mengikuti proses budaya dan tatanan pemerintahan yang ada di daerah masing-masing. Jangan sekali kali abaikan peran dan fungsi lembaga, tokoh masyarakat tersebut guna menyukseskan pelaksanaan pembangunan daerah”, ujar Alwis.

Alwis juga mengatakan, agar pelaksanaan pembangunan tersebut berjalan baik dan maksimal, padukan dengan berbagai kegiatan agar lokasi yang diinginkan itu mudah cepat dituntaskan, sehingga dapat bermanfaat oleh masyarakat.

” Kita melihat salah satu potensi Kecamatan Palupuh, ada bunga raflesia, kuburan panjang, air terjun, produk pertanian dan perkebunan serta catatan sejarah Palupuh sebagai daerah basis perjuang perlawanan rakyat kepada pemeritah Belanda, untuk kemerdekaan RI. Tentu ini bisa menjadi kemasan daya tarik pariwisata wisatawan ke Sumatera Barat “, ujarnya.

Ketua UMKM Palupuh Adelina Sovya dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan memajukan kegiatan Usaha Mikro Kecil Mengah (UMKM) di kecamatan Palupuh butuh bantuan sarana prasarana agar mampu berkembang seperti daerah lainnya.

Dahulu masyarakat Palupuh tidak mengenal ada gerakan pengembangan UMKM, hari ini mereka mulai terbuka mata melihat kegiatan UMKM dapat meningkatkan kesejahteraan hidup terutama kegiatan ibuk-ibuk selama ini ikut serta bantu suami di sawah dan di ladang.

” Kini mereka memiliki kegiatan lain menambah kegiatan, apakah membuat kue makanan, produksi jahitan bordiran, anyaman serta mereka tidak melupakan kegiatan keagaam majelis taklim. Agar ini bisa bangkit berkembang lebih baik, tentunya butuh dukungan pemerintah dalam pemasaran dan kemasan agar menarik bagi wisatawan”, pintanya

Adelina juga menyatakan, daerah lain maju karena mereka punya banyak mendapat dukungan para perantanya yang sukses. Tentunya Palupuh juga memiliki perantau yang sukses seperti daerah lain ikut serta memajukan pembangunan kesejahteraan masyarakat terutama bidang ekonomi kecil menengah.

Ia yakin dukungan pemerintah itu pasti ada, namun program dan kegiatannya saja masyarakat banyak yang tidak tahu.

“Kunjungan audiensi ke Sekdaprov ini bagian keinginan menyampaikan UMKM Palupuh siap maju dan berkembang. mohon dukungan dan bantuan pemprov, Sumbar, pemkab Agam, anggota DPRD dan lain-lain dalam bentuk program, kegiatan ataupun kerjasama”, harap Adelina senang.