SELAMAT HUT KE-73 POLWAN, MEREKA LAHIR DI BUKITTINGGI

oleh -

SELAMAT HUT KE-73 POLWAN,
MEREKA LAHIR DI BUKITTINGGI
Oleh: Hasril Chaniago

Sampai tahun 2006 tidak banyak orang tahu bahwa Korp Polisi Wanita (Polwan) lahir di Kota Bukittinggi 1 September 1948. Termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga tidak tahu hal itu.

Begini ceritanya. Tanggal 10-14 Januari 2006 Presiden SBY mengadakan kunjungan ke Sumatera Barat selama lima hari empat malam dalam rangka Pertemuan Bilateral RI-Malaysia di Istana Bung Hatta Bukittinggi.

Sehabis shalat Jumat, 11 Januari 2006, di Masjid Raya Birugo Bukittinggi, Presiden SBY kembali ke Istana Bung Hatta satu mobil dengan mantan Kapolri Jenderal Pol. Purn. Prof. Dr. Awalaoedin Djamin, MPA yang waktu itu menjabat Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Sesampai di persimpangan Jalan Sudirman dengan Jalan Agus Salim (Simpang Stasiun), depan Kantor Pos Bukittinggi, Presiden SBY melihat sebuah monumen dengan patung Polwan. “Itu patung apa, Pak Awal?” tanya Presiden.

Baca Juga:  Wagub Audy Joinaldy Jamin Biaya Sekolah dan Kuliah Juara I STQ

“Itu Monumen Polwan, Pak Presiden. Polwan kan lahir di Bukittinggi,” kata Jenderal Awaloedin menjelaskan. Lalu mantan Kapolri kelahiran Palinggam, Padang 1927, ini menceritakan sejarah singkat Polwan kepada Presiden.

Sampai di Istana Bung Hatta, Presiden SBY memanggil Kapolri Jenderal Pol. Sutanto yang termasuk rombongan 16 menteri yang menyertai kunjungan Presiden SBY ke Sumatera Barat. “Pak Kapolri, saya baru tahu ternyata Polwan kita lahir di Bukittinggi ini. Tolong ditulis bukunya,” pinta Presiden.

No More Posts Available.

No more pages to load.