Semarakan Bimtek JITU PASNA, Jurnalis Senam Pingwin

by -

Semarakan Bimtek JITU PASNA, Jurnalis Senam Pingwin

Semangatnews.com – Hari ke-4 Bimbingan Teknis Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITU PASNA) bagi jurnalis cetak dan elektronik di awali dengan menggembirakan, sebab seluruh peserta diminta untuk melakukan senam (pingwin) untuk meningkatkan segaran tubuh (2/11).

Materi pada hari ini, perserta diminta untuk memberikan rekomendasi terhapan bimbingan yang telah dilakukan tiga hari sebelumnya baik dari BPBD maupun dari para jurnalis. Dan kesempatan kali ini, dipandu oleh Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi Pers Jamalul Insan.

Rekomendasi yang diberikan kedepannya, para jurnalis meminta perlu pelatihan tambahan tentang pendataan regulasi bencana, supaya dapat memberikan informasi yang lebih akurat kepada masyarakat rawan daerah bencana dengan berbagai media agar masyarakat selalu siap.

Membentuk tim JITU PASNA yang melibatkan media dan mengadakan JITU PASNA untuk PUSDALOPS BPBD kota/daerah, dan itu yang disarankan oleh peserta BPBD.

Jamalul menyatakan materi yang akan disampaikan sudah sama dengan rekomendasi yang diminta oleh para peserta. “Saya sudah dengar saran yang teman-teman minta dan itu hampir sama dengan materi saya sampaiKan. Untuk itu saya akan menambah sedikit yang kurang” ungkapnya

Para peserta diminta dalam mencari data para harus skeptis, dan BPBD harus dapat mendirikan media center untuk memudahkan memperoleh data bagi jurnalis.

Disebabkan susahnya informasi di dapat dan banyaknya informasi hoax yang terdapat di media sosial untuk itu jurnalis harus pintar menggunakan media. “Hampir 85% masyarakat memperoleh informasi dari media dan kebanyakkan yang tidak akurat untuk itu bisa menyaring dan mencari data yang aktual” bebernya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.