Sepi Peminat, Bawaslu Solsel Perpanjang Masa Rekrutmen Panwaskel di Tujuh Nagari

by -

Sepi Peminat, Bawaslu Solsel Perpanjang Masa Rekrutmen Panwaskel di Tujuh Nagari

Semangatnesw–Masa pendaftaran Panitia Pengawas Kelurahan atau Desa (Panwaskel) di tujuh kenagarian di Solok Selatan (Solsel) diperpanjang. Kebijakan ini diambil Bawaslu setempat, menyusul belum terpenuhinya kuota perekrutan sebanyak dua kali kebutuhan hingga hari terakhir pendaftaran, Sabtu (22/2/2020/

“Hingga pukul 23.59 kemarin, ada tujuh nagari yang belum terpenuhi kuota dua kali kebutuhan. Untuk tujuh nagari ini, kami perpanjang masa pendaftarannya. Untuk nagari yang sudah memenuhi syarat minimal pelamar, masuk tahapan selanjutnya,” ujar Ketua Bawaslu Solsel, M. Anshar, senin (24/2/2020/

Dijelaskan, pihaknya bakal merekrut satu orang per nagari untuk pengawas tingkat nagari tersebut. Jadi sesuai aturan katanya, untuk pelamar minimal dua kali kebutuhan, atau dua orang setiap nagari.

Hingga hari terakhir sambung alumnus UIN Imam Bonjol Padang itu, sudah ada 118 pendaftar yang terjaring ikut dalam seleksi Panwaskel tersebut. Sebanyak 69 laki-laki dan 49 wanita. Berdasarkan jumlah, sejatinya telah melibihi target dua kali jumlah 39 nagari di Solsel, yakni 78 pelamar.

Namun begitu, sebelum melimpahkan kelebihan pendaftar di nagari lain, pihaknya memperpanjang masa pendaftaran khusus bagi tujuh nagari yang sepi pendaftar. Hal ini diupayakan, agar personel Panwaskel nantinya berada dalam satu nagari yang lebih menguasai medan lapangannya.

“Pertama kami perpanjang dulu. Jika tidak juga terpenuhi, mungkin kami minta kesediaan dari nagari yang terdekat. Jika tidak juga bersedia, maka kami akan jemput bola ke lapangan,” paparnya.

Data terakhir, tujuh nagari sepi pendaftar itu tersebar di empat kecamatan. Yakni, Nagari Koto Baru, Pasar Muaralabuh, Pasirtalang Barat dan Sako Selatan Pasirtalang di Kecamatan Sungai Pagu. Lalu, Nagari Pauhduo nan Batigo di Kecamatan Pauh Duo, Nagari Padang Ganting di Sangir Jujuan, Pakanrabaa Timur di Koto Parik Gadang Diateh.

“Seluruh jumlah pendaftar Panwaskel di tujuh nagari ini baru berjumlah enam orang. Rata-rata baru ada satu pelamar. Satu nagari bahkan kosong, yakni Pasirtalang Barat,” sebut Anshar.

Durasi perpanjangan sendiri katanya, dibuka selama tiga hari. Mulai dilakukan dari tanggal 25 sampai 27 Februari. Pengumuman dan pembukaan pendaftaran langsung dilakukan di hari pertama perpanjangan. (afri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.