Seputar Gonjang Ganjing Munas Kadin di Kendari; Catatan Ilham Bintang

oleh -

Seputar Gonjang Ganjing Munas Kadin di Kendari; Catatan Ilham Bintang

Pengurus Kadin ( Kamar Dagang Indonesia) boleh saja mengklaim organisasi mereka – tempat pengusaha Indonesia berhimpun, independen. Hubungan organisasinya dengan pemerintah sebatas mitra strategis. Tapi fakta yang mencuat menjelang Munasnya yang ke 8 di Kendari Sulawesi Tenggara, 30 Juni – 2 Juli, tidak seperti itu. Tak berkutik didikte pemerintah.

Buktinya, biarpun mayoritas pengurus dan anggota mengusulkan agar Munas ditunda, tidak semudah itu mempengaruhi Presiden Jokowi menundanya. Munas di Kendari memang akan dihadiri dan dibuka Presiden Jokowi.

Semula, Munas Kadin akan diselenggarakan 2 -4 Juni lalu di Bali. Pemilihan Bali, jelas untuk mendukung program pemerintah memulihkan daerah wisata di Pulau Dewata yang sudah terpuruk sejak tahun lalu. Namun, karena pertimbangan pandemi belum reda, Munas pun diundur tanggal 30 Juni. Meski masih menyisakan pertanyaan soal pemindahan lokasinya ke Kendari. Itu berarti ide untuk membangkitkan sektor pariwisata dengan momentum Munas Kadin di Bali, ditinggal begitu saja. Tanpa ada penjelasan kongkrit.

Baca Juga:  Rasanya Saya Pengin Kembalikan Izin Masjid At Tabayyun Ke Gubernur DKI: Catatan Ilham Bintang

// Bukan karakter Jokowi//

Dua pekan menjelang Munas di Kendari, sebagian anggota dan pengurus Kadin secara resmi mengajukan permohonan agar munas ditunda. Khawatir gelombang kedua pandemi Covid19 menyasar mereka. Keinginan itu didukung Steering Comitte ( SC) dan ( OC). Namun, Ketua Penyelenggara Adi Sulisto memutuskan Munas tetap sesuai jadwal. Adi didukung Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani, calon Dubes RI di AS. Rosan sudah mengkomunikasikan ke pihak Istana. Jawabannya, Presiden Jokowi tetap pada jadwal itu. Kenapa Rosan tidak menyampaikan penundaan itu karena alasan pandemi? “Mana beranilah Rosan. Apalagi, dia sudah dalam posisi sebagai bawahan presiden,” kata seorang pengurus Kadin.

No More Posts Available.

No more pages to load.