Smile Train: Operasi Bibir Sumbing Gratis

oleh -

Smile Train: Operasi Bibir Sumbing Gratis

Semangatnews, Dharmasraya- Smile Train Indonesia, barangkali nama dari sebuah lembaga swadaya masyarakat internasional yang bergerak di bidang kemanusiaan, khusus untuk membantu anak-anak yang mengalami cacat bibir sumbing atau langit-langit bermasalah adalah masih terbilang asing bagi warga Dharmasraya, Sumatera Barat pada umumnya.

Padahal sejak tahun 2017 sampai sekarang tidak kurang 250 orang anak sudah mendapatkan pelayanan operasi bibir sumbing gratis yang diprakarsai oleh lembaga amal yang berpusat di New York, AS ini.

“Tidak kurang 250 orang sudah kita bantu sejak 2017, “ujar Ardi Amsil memulai pembicaraan dengan Semangat News, Rabu(5/2) di Pulau Punjung.

Ardi, begitu dia akrab dipanggil, merupakan alumni UIN yang dulunya bernama IAIN Imam Bonjol Padang ini adalah Koordinator Smile Train Indonesia untuk wilayah Sumatera Barat. Dalam keseharian beliau selalu berkomunikasi dengan Wali Nagari, Camat, tokoh masyarakat untuk memberi tahu kalau ada warga masyarakat yang mengalami cacat fisik berupa bibir sumbing atau langit-langit mulut bermasalah, untuk dapat kiranya dilakukan operasi secara gratis.

“Kita murni gerakan amal, bukan bisnis, maupun politik, kita membantu sesama, memulihkan kepercayaan diri anak-anak, membuat mereka bisa tersenyum, dan mengejar mimpi mereka, “ungkap Ardi dalam satu kesempatan.

Dapat diketahui, lanjutnya “bahwa operasi bibir sumbing ini tidak dipungut bayaran, gratis, cuman transportasi menuju rumah sakit memang dibebankan pada pihak keluarga. Dan untuk operasi ditangani oleh dokter-dokter berpengalaman. Wilayah Sumatera Barat Smile Train bekerja sama dengan pihak rumah sakit Yos Sudarso Padang, “ulasnya.

Smile Train ini tidak hanya melayani masyarakat kurang mampu, namun juga menyasar keluarga mampu, dan itupun tetap gratis. Ardi menghimbau untuk seluruh warga masyarakat Dharmasraya, Sumbar umumnya, silahkan manfaatkan program ini.