SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang Masih Memberi Peluang Tamatan SMP/MTs Mendaftar PPDB Manual

by -

SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang Masih Memberi Peluang Tamatan SMP/MTs Mendaftar PPDB Manual

Semangatnews.com. Cangkeh. Pelaksanaan Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk calon siswa SMK Negeri 4 (SSRI/SMSR) Padang sebagai satu-satunya sekolah berbasis budaya seni rupa dan industri kreatif di Sumatera dan hanya ada tiga di Indonesia hingga kini masih memberi ruang PPDB tamatan SMP/MTs sederajat untuk mendaftar secara manual langsung ke sekolah kampus SMK N 4 Cangkeh, Lubuk Begalung, Padang.

Tidak seperti PPDB tahun sebelumnya, tahun ini dari kuota yang ada hingga hari tadi, rabu 15/07 baru terdaftar calon siswa berjumlah 250 siswa dengan rincian 93 calon siswa terdaftar melalui PPDB SMA/SMK online tahun pelajaran 2020/2021 dari 15 kelas yang tersedia terdiri jurusan seni lukis, seni patung, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Kriya Tektil dan Batik, Desain Interior dan Multuimedia.

Sementara tahun lalu jumlah siswa baru yang diterima berjumlah 540 siswa dari 15 kelas dan tujuh jurusan yang ada di sekolah yang memakai motto sekolah orang-orang kreatif.
Hal itu disampaikan Kepala SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang, Taharuddin, S.Pd, MM saat ditemui Semangatnews.com di ruang kerjanya kampus SMKN 4 Padang, Cangkeh, Lubuk Begalung, Padang (15/07).

Menurut Taharuddin, situasi covid.19 dan persoalan teknis on line membuat calon siswa SMKN 4 Padang kesulitan mengakses pendaftaran. Namun demikian, dengan dibukanya jalur pendaftaran manual saat ini ia merasa optimis jumlah calon siswa baru SMKN 4 Padang untuk tahun pelajaran 2020/2021 akan dapat terpenuhi, minimal 75 sampai 80 persen dari jumlah tahun lalu dengan proses pendaftaran mengikuti protokoler covid.19 menggunakan masker baik bagi calon siswa maupun orang tua yang turut mengantar.

Saat ditanya selain dari kota Padang, dari daerah mana saja siswa baru yang diterima SMKN 4 Padang ini? Boleh dikatakan hampir dari semua kota/kabupaten yang ada di Sumatera Barat termasuk dari sejumlah propinsi tetangga seperti Jambi dan Riau, ujar Taharuddin memberi penjelasan.
Salah seorang orang tua calon siswa baru SMKN 4 Padang, Epi Yono asal Indropuro, kabupaten Pesisir Selatan yang mendampingi ponakannya masuk ke SMKN 4 Padang (15/7), menyebutkan sejak dibukanya PPDB on line beberapa waktu lalu ia merasa kesulitan mengakses pendaftaran karena masalah teknis. Untuk itu ia bertekad datang langsung ke sekolah dari Indropuro yang menumpangi angkutan umum travel selama 4 jam untuk menuju kampus SMKN 4 Padang, ujarnya didampingi sejumlah orang yang mengantri mendaftar manual ke sekolah ini di Cangkeh.

Dalam pengamatan Semangatnews.com saat pendaftaran siswa baru PPDB manual siang tadi semua calon siswa baru dan orang tua murid yang mendampingi putra/putrinya ke SMKN 4 Padang, berjalan tertib dan lancar dengan mengikuti protokoler covid.19 di sejumlah tempat pendaftaran yang disediakan panitia PPDB SMKN 4 Padang sesuai jurusan masing-masing. (FR/YSM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.