Sosialisasi Pelestarian Adat dan Budaya, Solok Selatan Gelar Festival Mambangkik Nan Tabanam

by -

Sosialisasi Pelestarian Adat dan Budaya, Solok Selatan Gelar Festival Mambangkik Nan Tabanam

Semangatnews, Padang Aro – Dukung pelestarian adat dan budaya di kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG), Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu gelar acara Festival Budaya Nagari di Lapangan Bola Koto Baru, Senin (28/10).

Festival yang bertemakan “Mambangkik Nan Tabanam” itu, akan menampilkan tiga macam perlombaan budaya, diantaranya lomba memasak randang, lomba pawai turun mandi anak, dan lomba tari piring.

Bupati Solok Selatan (Solsel) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Solsel H. Yulian Efi menyambut baik dengan diselenggarakannya festival ini. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat bagus untuk menunjang minat wisatawan untuk datang berkunjung ke kawasan SRG.

“Solok Selatan sedang giat-giatnya promosi pariwisata, beberapa yang sudah dikenal masyarakat luas yaitu kawasan saribu rumah gadang, festival ini merupakan salah satu nilai jual pariwisata di kasawan ini,” ungkpanya.

Ia menambahkan, dengan maju pariwisata di Solsel, sendirinya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ia mengatakan, festival nagari merupakan salah satu model pengembangan pariwisata, disamping itu, pemerintah daerah juga rutin menggelar festival SRG tiap tahunnya.

Ia berharap, dengan festival ini akan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Solsel.

Wali Nagari Koto Baru Julaini mengatakan, disamping untuk menunjang promosi kawasan SRG, festival ini juga bertujuan untuk menyatukan kembali adat budaya di tiga kecamatan yaitu Pauh Duo, Sungai Pagu dan KPGD.

Sementara itu, Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Koto Baru, Romi Ilyas mengatakan, festival ini akan menjadi ikon di nagari koto baru. Ia berharap kedepannya akan semakin banyak adat dan budaya dilestarikan.

Festival nagari Koto Baru akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 28 hingga 30
Oktober 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.