Sri Mulyani: Pers Era Milenial Harus Berikan Informasi Berimbang

oleh -

Semangat Padang-Menteri Keuangan Sri Mulyani mengajak insan pers tanah air mengawal cita-cita Indonesia dan mengajak dunia pers Indonesia untuk ikut berkarya dan menjaga negara RI.

Hal tersebut disampaikan Sri saat memberi pidato dalam pembukaan Konvensi Nasional Media Massa dengan tema “Iklim Bermedia yang Sehat dan Seimbang: Mempertahankan Eksistensi Media Massa Nasional Dalam Lanskap Informasi Global”.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, saat ini portal berita dalam jaringan atau online marak bermunculan. Masyarakat memiliki banyak pilihan saluran berita.

Baca Juga:  Tutorial Cara Menggunakan x8 Speeder Higgs Domino Sangat Mudah

“Dulu masyarakat cuma percaya dengan berita yang disajikan media cetak, televisi, radio, skala nasional, regional, yang telah memiliki rekam jejak baik. Sekarang, mulai beralih sebagian menikmati berita online,” ungkapnya ketika menjadi pembicara utama dalam kegiatan konvensi nasional media di Padang, Kamis (8/2/2018).

Saat ini, dengan pilihan berita yang begitu banyak, justru membuat masyarakat cenderung mengakses berita dan sumber berita yang hanya sesuai selera dan pandangannya. Celakanya, jelas Sri Mulyani, dalam persaingan kecepatan menyampaikan berita, pers cenderung menyajikan berita satu sisi atau tak berimbang. Selain itu, analisis berita tak mendalam. Berita yang disuguhkan miskin sudut pandang. Untuk itu, pers harus kembali mengedepankan cover both sides, konfirmasi dua sisi dan berimbang ketika menyuguhkan berita tentang isu atau permasalahan.

Baca Juga:  DK PWI Pusat Menyayangkan Soal Organisasi Dibawa ke Ranah Hukum

“Pers di Indonesia harus kembali menyuguhkan berita yang kaya sudut pandang dan menyajikan analisa mendalam, sehingga benar-benar mencerdaskan masyarakat. Apalagi capaian pembangunan pemerintah, harus disampaikan utuh,” ulasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.