Stasiun Kereta Api Padang Panjang, Apa Kabar kini?

oleh -
Stasiun Kereta Api Padang Panjang, Apa Kabar kini?

Nostalgia Stasiun Kereta Api Padang Panjang

SEMANGATNEWS, Padang Panjang – Begitu banyak cerita yang dapat diceritakan untuk Stasiun Kereta Api Padang Panjang. Stasiun Padang Panjang (PP) adalah stasiun kereta api nonaktif kelas II yang berada di Jalan Sutan Syahrir, Silaing Atas, Padang Panjang Barat, Padang Panjang.

Stasiun yang terletak pada ketinggian +773 m dpl ini termasuk dalam Divisi Regional II Sumatra Barat. Stasiun Padang Panjang ini dulunya merupakan percabangan antara Padang, Payakumbuh, dan Sawahlunto.

Sekarang, jalur menuju Payakumbuh sudah dinonaktifkan. Saat ini stasiun ini hanya menjadi terminus untuk kereta api dari Sawahlunto, karena jalur kereta api menuju Padang masih direnovasi dan diperkuat, sehingga belum bisa dilewati kereta api.

Baca Juga:  SMPN 5 Optimalkan Akun belajar.id dan Spenfive TV Saat PPKM

Stasiun Padang Panjang mempunyai subdipo lokomotif, yang digunakan menyimpan lokomotif BB204. Selain itu, stasiun ini dahulu menjadi pemberhentian kereta api batu bara dari pertambangan batu bara Ombilin di Sawahlunto yang hendak menuju Pelabuhan Teluk Bayur, yang sudah tidak aktif sejak awal tahun 2003 karena habisnya batu bara.

Bekas gerbong-gerbong pengangkut batubara masih disimpan dan dirawat dengan baik di stasiun ini.

Baca Juga:  Wako Fadly Amran Ekspose Persiapan Panitia MTQ, Padang Panjang Bertekad Jadi Tuan Rumah Terbaik

Kereta api terakhir yang berhenti di stasiun ini adalah kereta api wisata Danau Singkarak, yang sudah nonaktif pula secara reguler sejak 2014.

Dulu stasiun Kereta Api Padang Panjang ini merupakan salah satu stasiun sentral, karena pada stasiun ini merupakan titik pertemuan jalur rel dari Bukittingi, Solok dan dari Padang.

No More Posts Available.

No more pages to load.