Sumbar Juara Umum MTQ : Utusan Payakumbuh Sumbang 1 Emas dan 1 Perak

oleh -

Sumbar Juara Umum MTQ : Utusan Payakumbuh Sumbang 1 Emas dan 1 Perak

SEMANGATNEWS.COM – Sukses menggelarnya dan sukses menjadi juara umum, adalah prestasi luar biasa yang ditorehkan Sumatera Barat sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 28 tahun 2020.

Kafilah Sumbar berhasil mengalahkan DKI Jakarta yang berada pada posisi kedua dan Provinsi Jawa Timur pada posisi ketiga. Sebelumnya, Provinsi Sumbar hanya berada di urutan ke 14 pada MTQ Nasional ke 27 di Medan, tahun 2018 lalu.

Keputusan Dewan Hakim MTQ Nasional Nomor 01/Kep.DH/MTQN-XXVIII/2020 yang dibacakan Prof. Dr. H. M. Roem Rowi, MA di acara penutupan di Masjid Raya Sumatera Barat, Jumat (20/11) malam menyatakan Sumbar juara umum.

Namun, prestasi membanggakan itu tak hanya dirasakan oleh Provinsi Sumbar saja, warga Kota Payakumbuh turut bersuka cita. Karena Muhammad Harun Arrasyid, dan Muhammad Dhonan Lathif, dua siswa SMA IT ICBS Payakumbuh mencatatkan nama sebagai Juara 1 pada cabang Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) Putra. Ia meraih medali emas setelah di pertandingan final berhasil mengalahkan Provinsi Sumatera Utara dan DKI Jakarta.

Bahkan, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno terharu sempat mengeluarkan air mata menyaksikan langsung perlombaan kafilah Sumbar MTQ tingkat Nasional ke XXVIII tahun 2020 cabang Fahmil Qur’an di Auditorium Universitas Negeri Padang, Kamis (19/11). Karena kemenangan pada cabang MFQ adalah yang pertama masuk catatan raihan emas untuk Sumbar pada MTQ Ke 28 itu.

Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi saat mengetahui hasil yang diraih itu Jumat (20/11) malam reaksinya kaget dan terharu. Utusan Kota Payakumbuh yang mewakili Sumbar dapat berkontribusi memberikan kemenangan besar di iven keagamaan Islam rutin berskala Nasional itu.

Mereka adalah Putra Putri kebanggaan Kota Payakumbuh, dimana selain M. Harrun Arrasyid dan Muhammad Dhonan Lathif untuk cabang Fahmil Qur’an Putra meraih juara 1 (medali emas), Kuntum Khaira Ummah untuk cabang Syahril Qur’an Putri meraih juara 2 (medali perak), dan Diang Kumala untuk cabang Fahmil Qur’an Putri meraih harapan 3.

“Selamat, kita bangga memiliki ananda-ananda hebat yang bisa meraih juara satu maupun yang sudah mewakili Sumbar dari Kota Payakumbuh. Kemenangan ini bisa mengharumkan nama kota dan provinsi kita tercinta,” kata Wali Kota Riza Falepi- jnt