Sumbar Peringati Hari Bumi ke -5 Tahun 2019, Jaga Bumi Untuk Hidup Kita

oleh -

Sumbar Peringati Hari Bumi ke -5 Tahun 2019, Jaga Bumi Untuk Hidup Kita

Semangatnews, Pasaman – Melestarikan lingkungan alam dan habitat yang ada di dalamnya merupakan sebuah kepedulian terhadap memelihara bumi dari kerusakan dan pencemaran sampah plastik sebagai tempat hidup dan kehidupan manusia.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Anggota DPR RI Ny. Nevi Irwan Prayitno pada acara Peringatan Hari Bumi Tingkat Provinsi Sumatra Barat dan motivasi menjaga bumi untuk kehidupan, di Taman Hutan Kota Lubuk Sikaping, Senin (02/12/2019).

Hadir, Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si, Wabup H. Atos Pratama, ST Unsur Forkopimda Kabupaten Pasaman, Sekretaris Daerah Drs. H. Mara Ondak, Para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala-kepala OPD, Kepala Instansi vertikal/BUMN/BUMD serta para pejabat dan perwira TNI/POLRI, Camat dan Wali Nagari Se-Kabupaten Pasaman, Ketua TP PKK, Ketua GOW, Ketua Dharma Wanita Pembangunan.

Ketua Tim PKK Sumbar katakan, menghijaukan bumi dengan menanam pohon-pohon, dimaksudkan agar kita yang hidup di bumi termasuk segala jenis binatang/hewan, tumbuhan, sangat membutuhkan oksigen dan air.

“Bumi perlu dipelihara agar tidak tercemar dari sampah plastik, bumi perlu ditanam pohon penghijauan dan pohon produktif agar tersedia air yang cukup untuk kepentingan manusia dan makhluk lainnya”, ujar Nevi.

Nevi Irwan Prayitno juga menghimbau kepada semua organisasi wanita tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kecamatan, Nagari/Desa/Kelurahan sampai tingkat kelompok Dasawisma untuk dapat memilah sampah plastik dan sampah yang bisa hancur untuk diolah dengan baik dan menanam pohon pelindung/pohon produktif yang bermanfaat untuk kebutuhan hidup masyarakat.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, Hari bumi merupakan hari yang dikhususkan bagi kita dalam rangka mengurangi kerusakan lingkungan yang ada di bumi kita, dengan cara melakukan kegiatan penanaman pohon serta pembersihan terhadap sampah plastic dan lingkungan yang kotor.

“Hampir setiap hari kita mendengar berita tentang adanya penebangan-penebangan liar yang membabibuta yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak mempunyai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan”, ujarnya

Bupati H. Yusuf Lubis ungkapkan, keprihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan mengatasnamakan, bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan.

“Melalui momen Hari Bumi ini kita mengajak semua pihak untuk dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan alam serta menghindari perusakan terhadap hutan, penebangan liar dan pembabatan hutan yang hanya mementingkan aspek bisnis semata tanpa mempedulikan kelestarian lingkungan disekitar kita”, Ajaknya.

Yusuf Lubis atas nama pemerintah daerah Kabupaten Pasaman mengucapkan selamat dating dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah ikut menyukseskan acara ini dan tentunya gerakan tanam pohon ini akan membawa manfaat dan dampak positif untuk kelangsungan hidup kita semua.

Dalam peringatan Hari Bumi Tingkat Sumbar ini, ada bantuan bibit diterima pemkab Pasaman, melalui TP PKK Provinsi Sumatera Barat, bibit Petai, jengkol, nangka, sirsak, durian sebanyak 1.000 batang berasal darikehutanan provinsi Sumatra Barat

Bibit Jeruk manis, petai, durian, pisang sebanyak 400 batang, dan bibit cabe sebanyak 5.000 batang, dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura.dan perkebunan provinsi Sumatra Barat.

Bibit Salak, manggis, durian, Al-Pokat dan manga sebanyak 110 batang, dari ibu-ibu PERST KOREM 032 Wirabraja dan Kodim 0305 Pasaman, bibit Jeruk nipis, sebanyak 400 batang, dari TP PKK Kabupaten Pasaman.