Hari Raya Idul Adha 1442 H (2021M): Surat Edaran KEMENAG, Penerapan Protokol Kesehatan

oleh -
tangkap layar situs kemenag.go.id

SEMANGATNEWS.COM – Dalam artikel ini terdapat Surat Edaran No. 15 Tahun 2021 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Sholat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M.

Adapun perihal yang perlu diperhatikan pada saat Hari Raya Idul Fitri 1442H/2021M di masa pandemi melaluiSurat Edaran Kementian Agama ini.

Walau belum memutuskan kapan Idul Adha 2021, Kemenag telah menerbitkan surat edaran (SE) tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Salat Idul Adha 2021 dan pelaksanaan kurban di masa pandemi.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama No. 15 Tahun 2021.

Baca Juga:  25 Twibbon HUT RI ke-76: Bingkai Foto Pilihan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia twibbonize.com

Menurut Mentri Agama, surat edaran dimaksudkan sebagai panduan dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pada semua zona risiko penyebaran Covid- 19

Berikut Surat Edaran Kemenag no. 15 Tahun 2021:

MAKSUD DAN TUJUAN

Surat Edaran ini dimaksudkan sebagai panduan untuk pencegahan, pengendalian, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pada semua zona risiko penyebaran Covid- 19 dalam rangka melindungi masyarakat.

Baca Juga:  Materi MPLS 2021/2022: Kesadaran Bela Negara
RUANG LINGKUP

Surat edaran ini mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha tanggal 1O Dzulhijjah 1442 H / 2021 M dan pelaksanaan qurban.

KETENTUAN

1. Malam Takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid/mushalla, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Dilaksanakan secara terbatas paling banyak 10% dari kapasitas masjid/mushala, dengan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Baca Juga:  Perayaan Idul Adha 1442 H: Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Menurut Syariah Islam, Lengkap

b. Kegiatan Takbir Keliling dilarang untuk mengantisipasi keramaian atau kerumunan. Kegiatan Takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid dan mushalla sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi di masjid dan mushala.

2. Shalat Hari Raya Idul Adha 1O Dzulhijjah 1442 H/2021 M di lapangan terbuka atau di masjid/mushalla pada daerah Zona Merah dan Orange DITIADAKAN;

No More Posts Available.

No more pages to load.