Survei Indikator Politik Indonesia, Darman Sahladi ungguli Irfendi Arbi

by -

Semangatnews Payakumbuh – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia,  melakukan survei tentang peluang menang calon-calon Bupati Limapuluh Kota pada 1 sampai 7 Februari 2020. Berdasarkan hasil survei tersebut, anggota DPRD Sumbar Darman Sahladi,  paling tinggi dukungannya dari calon-calon lainnya. Termasuk dari calon bupati incumbent Irfendi Arbi dan calon wakil bupati incumbent Ferizal Ridwan.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Hendro Prasetyo,Ph.D, dalam siaran pers yang diterima wartawan, Minggu (15/3), mengatakan, survei peluang menang calon-calon Bupati Limapuluh Kota dilakukan Indikator pada 1-7 Februari 2020. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Limapuluh Kota yang punya hak pilih dalam pemilu, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

“Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini, jumlah sampel sebanyak 500 orang. Dengan asumsi metode simple random sampling. Ukuran sampel 500 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error-MoE) sekitar lebih kurang 4,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh kecamatan yang terdistribusi secara proporsional,” kata Hendro Prasetyo yang juga alumnus McGill University, Kanada, Amerika Serikat.

Hendro memaparkan, responden yang terpilih dalam survei peluang menang calon-calon Bupati Limapuluh Kota, diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara atau tim Indikator Politik Indonesia yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebebsar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot chek). “Dalam quality control ini tidak ditemukan kesalahan berarti,” beber Hendro.

Sosiolog politik yang mengajar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menjelaskan, survei sikap dan perilaku calon pemilih Limapuluh Kota, dilakukan untuk mengetahui siapa diantara nama-nama tokoh di Limapuluh Kota yang punya peluang paling kuat untuk menang dalam Pilkada, setidaknya kalau diadakan sekarang (1-7 Februari 2020). Selain itu, survei digelar untuk mengetahui faktor-faktor penting apa yang berkait dengan pilihan-pilihan tersebut. “Sekaligus, memberikan saran siapa diantara calon itu yang paling mungkin menang dan karena itu perlu didukung” tukuk Hendro Prasetyo.

Berdasarkan hasil survei itu, menurut Hendro Prasetyo. Indikator Politik Indonesia mendapati dua temuan. Pertama, popularitas merupakan hal mendasar dalam politik elektoral. Tidak mungkin dipilih jika tidak dikenal. Namun, populer juga belum tentu dipilih jika ada calon lain yang yang lebih disukai.

Sementara, berdasarkan temuan survei Indikator, bupati petahana Irfendi Arbi memiliki tingkat popularitas paling tinggi (85,4 %). Kemudian, wakil bupati petahana Ferizal Ridwan (56,7 %) dan Darman Sahladi (50 %). Sementara, nama-nama lain dibawah 50 %.  Diantara calon-calon terpopuler itu, Darman Sahladi disukai oleh 56 % dari yang mengenalnya. Kemudian, Irfendi Arbi 47,5% dan Ferizal Ridwan disukai oleh 42,9 % dari yang mengenalnya.

Kedua, temuan survei Indikator Politik Indonesia, tidak semua pemilih tahu/kenal semua kandidat (calon-calon bupati Limapuluh Kota). Ada kalanya, seseorang memilih kandidat tertentu karena belum mengenal kandidat lain. Untuk itu, perlu dibandingkan antara pilihan seluruh responden yang mengetahui nama yang disimulasikan.

“Suara Darman Sahladi tampak meningkat signifikan di kalangan responden yang tahu/kenal nama yang disimulasikan. Artinya, dengan asumsi linear, Darman Sahladi mendapat efek popularitas paling besar,” kata Hendro Prasetyo.

Selain dua temuan di atas, Indikator Politik Indonesia, dalam survei tentang peluang menang calon-calon Bupati Limapuluh Kota, juga mendapati temuan lain. Diantaranya, jika pemilihan diadakan ketika survei dilakukan, secara spontan, Darman Sahladi paling tinggi dukungannya (9,4 %). Kemudian, Irfendi Arbi (5,9 %), Rizki Kurniawan (5,5 %), dan nama lain, lebih sedikit, dibawah 5 %. Sementara, kebanyakan belum menyebutkan nama 62,5 %.

“Berdasarkan simulasi daftar 25 nama (kandidat bupati yang dilakukan (terhadap responden) dengan semi terbuka, Darman Sahladi paling tinggi dukungannya, mencapai 20 %. Kemudian, Irfendi Arbi (14 %), Rizki Kurniawan (7 %), Ferizal Ridwan (7 %), dan Maskar Musdar Dt Pobo (5,9 %). Nama lain, lebih sedikit, di bawah 5 %. Sementara, (responden) belum menyebutkan nama, 16,3 %,” beber Hendro Prasetyo.

Selain melakukan simulasi daftar 25 nama semi terbuka, tim Indikator Politik Indonesia juga melakukan simulasi tertutup terhadap responden, dengan menyodorkan 8 nama hingga 2 nama. Berdasarkan simulasi tertutup ini, Darman Sahladi selalu unggul, dengan dukungan berkisar 25-36 %, tergantung jumlah dan nama yang dikombinasikan.

“Namun, massa mengambang masih lebih banyak. Pesaing terdekatnya (pesain terdekat Darman Sahladi-red) saat ini ialah Irfendi Arbi, dengan dukungannya berkisar 21-34 %, tergantung jumlah dan nama yang dikombinasikan,” kata Hendro Prasetyo.

Sementara itu, Darman Sahladi yang dikonfirmasi Padang Ekspres  mengaku sudah mengetahui hasil survei Indikator Politik Indonesia terkait dengan Pilkada Limapuluh Kota. “Kita tahulah, Indikator adalah lembaga survei yang berpengalaman, kredibel, dan independen. Ini bisa dilihat dari kemampuan Indikator melakukan hitungan cepat dalam Pemilu dan Pilkada yang mendekati real count,” kata Darman Sahladi.

Putra Kecamatan Kapur IX yang berpengalaman di pemerintahan karena sudah limapuluh periode menjadi anggota DPRD (3 periode di DPRD Kabupaten dan 2 periode di DPRD Provinsi) ini, menyebut, semakin mantap untuk maju dalam Pilkada Limapuluh Kota 2020. “Dengan melihat hasil survei Indikator Politik Indonesia, saya semakin mantap untuk maju dalam Pilkada. Mohon doa restu dan dukungan dari masyarakat,” kata  Darman Sahladi. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.