Syafril, SE. Dt.Rajo Api Terpilih Secara Aklamasi Ketuai LKAAM Palupuh

oleh -

Semangatnews, Palupuh – Syafril, SE. Dt. Rajo Api, suku koto terpilih secara aklamasi sebagai ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kecamatan Palupuh dalam rapat besar ninik mamak, KAN palupuah di Aula Kantor Camat Palupuah, Selasa (25/6/2019)

Hadir dalam rapat besar tersebut, Camat, pengurus KAN, Walinagari, Tapatan Adat se Kecamatan Palupuh, LKAAM Kabupaten Agam dan ninik mamak lainnya.

Zardi Syahrir, SH.MM. rantau anak nagari Palupuh mendapat kabar itu lewat whastaap menyatakan, ini sesuatu awal pencerahan yang baik. Syafril, SE Dt. Rajo Api merupakan sosok yang energik dan menguasai lapangan adat dan budaya tentu dapat menata keberadaan LKAAM Palupuh menjadi lebih berwibawa.

“Kita berharap keterpilihan Nyiak Api memberi nuasa kebaikan dan pembaharuan yang dinamis. Meletakan kebijakan dan keputusan pada dasar yang kuat dapat dipercaya. Mudah-mudahan banyaknya persoalan adat, sako pusako yang ada di Palupuh dapat diselesaikan dengan baik nantinya” harapnya disela-sela kesibukan hari ini, Selasa (16/7/2019)

Zardi Syahrir juga menambahkan, pemilihan ketua LKAAM Kecamatan Palupuh ini dilakukan karena ada kekosongan kepemimpin 9 bulan lebih. Sebelumnya Ketua LKAAM ini ketuai oleh Zul Arifin,S.Sos, MM Dt. Parpatiah yang habis masa jabatannya karena telah dilantik menjadi Walinagari Pasia Laweh.

” Atas nama anak nagari perantauan Palupuh mengucapkan Selamat dan Sukses kepada Syafril, SE Dt.Rajo Api salah satu putra terbaik Palupuh, semoga amanah dalam menjalan tugas dan memberikan yang terbaik dalam ikut kemajuan pembangunan kecamatan Pulupuh nantinya”, ucapnya.

Syafril, SE Dt. Rajo Api sewaktu dihubungi semangatnews.com menyatakan, ini merupakan amanah dari musyawarah mufakat tokoh masyarakat, dan ninik mamak se Palupuh.

“Ini merupakan ujian bagi saya untuk memberikan kebaikan dalam peran LKAAM ikut serta berkontribusi memajukan kelestarian adat dan budaya guna memajukan pembangunan Palupuh lebih baik lagi kedepannya. Mohon doa dan kerjasama yang baik semua pihak dan perangkat yang KAN, Ninik Mamak, Tetapatan Adat yang ada di Palupuh” harapnya.

Pemilihan ketua LKAAM Palupuh yang seyogya akan diikuti oleh banyak tokoh ninik mamak, namun karena Syafril, SE Dt. Rajo Api menyatakan diri maju sebagai calon, tokoh-tokoh ninik mamak yang lainnya tidak jadi lagi ikut serta karena diyakin sosok Nyiak Api dapat berbuat yang terbaik dalam memimpin LKAAM Palupuh lima tahun kedepan.

Dan diketahui juga Syafril, SE ini juga akan segera dilantik menjadi anggota DPRD Agam periode 2019-2024 dari Dapil III terpilih dalam pemilu 2019 yang baru saja digelar.