TABEL Nama Organ Gerak dan Fungsinya: Ikan, Katak, Burung, Ular, Kadal dan Kambing

by -
TABEL Nama Organ Gerak dan Fungsinya
TABEL Nama Organ Gerak dan Fungsinya

SEMANGATNEWS.COM – Inilah tabel nama organ gerak dan fungsinya hewan ikan, katak, burung, ular, kadal dan kabing. Pertanyaan tersebut terlebih dahulu diawali oleh kisah Edo yang mempunyai kelinci.

Edo mempunyai tiga ekor kelinci di rumah. Edo sangat sayang pada kelinci-kelincinya. Edo merawatnya dengan baik. Edo sering bermain bersama kelinci-kelincinya. Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 5 Subtema 1 Organ Gerak Hewan, Halaman 4 Sampai 54, LENGKAP!

Namun, kali ini Edo sangat sedih. Seekor kelincinya hanya terdiam ketika diajak bermain. Kelinci tersebut diam tidak bergerak di sudut kandangnya. Edo pun bergegas melihat dan memeriksanya.

Edo terkejut, ternyata kaki kelinci itu terluka. Edo kasihan melihat kelincinya yang kesakitan dan tidak bisa bergerak.

Kaki merupakan salah satu organ gerak pada kelinci. Dengan kaki, kelinci dapat bergerak dan berpindah tempat dengan cara melompat.

Perhatikan gambar organ gerak pada kelinci berikut ini.

Ayo Mengamati

Tahukah kamu bahwa kelinci termasuk binatang mamalia? Binatang mamalia tergolong hewan vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang. Nah, di sekitarmu pasti banyak sekali hewan vertebrata lain selain kelinci.

Bersama temanmu, amati dan identifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

1. Nama Hewan: Kelinci
Nama Organ Gerak: Kaki
Fungsi: Fungsi utama kaki pada kelinci adalah untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat menggunakan kaki. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.

2. Nama Hewan: Ikan
Nama Organ Gerak: Sirip dan Ekor
Fungsi: Fungsi sirip dan ekor umumnya adalah untuk membantu ikan berenang. Sirip pada ikan terletak pada berbagai tempat untuk berbagai fungsi, seperti gerak maju, berputar, atau mempertahankan posisi tegak.

3. Nama Hewan: Katak
Nama Organ Gerak: Tungkai Kaki
Fungsi: Katak memiliki tungkai belakang yang jauh lebih besar daripada tungkai bagian depan. Fungsi dari tungkai belakang katak adalah untuk melompar, sehingga strukturnya lebih kukuh. Sedangkan tungkai depan berfungsi sebagai penahan tubuh saat mendarat.

4. Nama Hewan: Burung
Nama Organ Gerak: Sayap dan Kaki
Fungsi: Burung memiliki struktur tubuh seperti hewan bertulang belakang. Alat gerak burung adalah sayap saat terbang dan kaki saat berjalan di tanah.

5. Nama Hewan: Ular
Nama Organ Gerak: Rangka tubuh
Fungsi: Pada ular, gerakan terjadi saat rangka tubuh meliuk ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini dikenal sebagai lokomosi berkelok-kelok.

6. Nama Hewan: Kadal
Nama Organ Gerak: Tungkai Kaki
Fungsi: Kadal bergerak menggunakan kaki untuk berjalan. Kadal mempunyai dua pasang kaki depan dan belakang yang berjari lima dengan cakar diujungnya.

7. Nama Hewan: Kambing
Nama Organ Gerak: Kaki
Fungsi: Kaki pada kambing digunakan untuk berjalan, berlari dan melompat. Dengan ke empat kakinya kambing dapat bergerak kesana-kemari untuk mencari makan.

Jawaban lainnya ada DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.