Tak Melapor, Disnakertrans Solsel Kesulitan Data Pencaker yang Telah Bekerja

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Walaupun Pencari Kerja (Pencaker) sudah didominasi para sarja, namun tidak satupun yang telah melaporkan ke dinas terkait apakah sudah mendapatkan pekerjaan atau belum di luar daerah.

“Kelemahan dari Pencaker, ketika mereka sudah mendapatkan pekerjaan. Tidak satupun yang menginformasikan ke dinas, termasuk perusahaan yang sudah menerima lowongan kerja tersebut,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Basrial kepada Senin (22/2/2021).

Baca Juga:  Covid-19 Tanah Datar Hari Ini Terkonfirmasi Positif Tiga Orang

Dia mengatakan, sudah ada peningkatan kualitas pendidikan para pencaker, dalam kurun waktu tiga tahunan sudah didominasi oleh Sarjana.

Sebelumnya, kata Basrial, lebih banyak tamatan SMA, SMP dan SD sederajat dibuktikan dengan tingkat pendidikan pencaker yang mengurus kartu depnaker atau kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja.

“Sejak 2019 hingga sekarang, pencaker sudah minus tamatan Sekolah Dasar. Ini pertanda Sumber Daya Manusia (SDM) di Solsel dari tahun ke tahun sudah ada peninkatan,” ujarnya.

Baca Juga:  Dandim Cilacap dan Forkopimda Panen Bersama Bawang Merah dan Timun

Dia berharap Pencaker dan perusahaan yang menerima lowongan kerja dari Solsel, untuk menginformasikan kembali ke Dinas.

Ini agar dinas mengetahui jumlah atau perbandingan Pencaker yang sudah mendapatkan kesempatan kerja di luar daerah. Terutama Pencaker itu sendiri.

Sebab Pencaker saat mengurus kartu kuning diminta untuk memberitahukan ke dinas ketika sudah mendapatkan pekerjaan, baik melalui telepon vis seluler atau lewat pesat singkat berupa SMS.

Baca Juga:  Goro Besama Warga, Wawako Erwin Yunaz Benahi Aliran Batang Lamposi

“Jika setiap Pencaker melaporkan, maka dinas dengan mudah mengetahui berapa persen setiap tahun Pencaker mendapatkan kesempatan kerja. Baik diluar atau di dalan daerah Sumbar,” paparnya.