Taman Budaya Sumbar Gelar 3 Pameran Seni Rupa dan Industri Kreatif Agustus dan September 2020

oleh -
Kepala UPTD Taman Budaya Sumbar Muasri saat kunjungan ke ISI Padang Panjang

Taman Budaya Sumbar Gelar 3 Pameran Seni Rupa dan Industri Kreatif Agustus dan September 2020

 

Semangatmews.com. Padang – Tiga iven pameran seni rupa dan industri kreatif akan digelar di galeri seni rupa Taman Budaya Sumatera Barat Jalan Diponegoro nomor 31 Padang pada akhir Agustus hingga awal Oktober tahun 2020 ini.

Ketiga agenda pameran ini sekaligus menjawab keinginan perupa dan pekerja industri kreatif yang telah lama stagnan tidak tampil dengan karya-karya terbaru mereka kehadapan publik seni dan masyarakat luas.

Pameran pertama berlangsung sejak 23 sd 29 Agustus, pameran kedua 16 sd 23 September dan pameran ketiga 10 sd 17 Oktober 2020. Ketiga kegiatan pameran akan dilaksanakan di galeri Seni Rupa, Taman Budaya Sumatera Barat.

Menurut Kepala UPTD Taman Budaya Sumbar, H. Muasri didampingi Sexri Budiman yang dihubungi Semangatnews.com (2/08), menyebutkan, seharusnya pameran ini dilaksanakan Maret, April dan Juli tahun ini, namun merebaknya kasus covid. 19 tidak hanya di tanah air bahkan dunia, maka kegiatannya tertunda seperti yang telah disusun teman-teman seniman yang kemudian difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan melalui UPTD Taman Budaya Sumbar akhir tahun 2019 lalu.

Sebagai sosialisasi kegiatan, beberapa hari lalu Taman Budaya bersama kurator Muharyadi dan Yasrul Sami, melakukan survey lapangan untuk menemui teman-teman seniman dan pekerja industri kreatif ke sejumlah titik tempat seniman bermukim dan berkarya di Sumatera Barat.

Korator Sumbar Muharyadi memberikan kreteria karya lukisan yang akan di pamerankan

Diantaranya ke kabupaten Padangpariaman, kota Padangpanjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Payakumbuh dan 50 Kota, kota Padang dan sebelumnya ke daerah Pesisir Selatan ditambah sejumlah komunitas seni rupa dan seni rupa UNP dan Seni Murni ISI Padangpanjang.

Alhamdulillah semua teman-teman seniman dalam kondisi covid. 19 tetap saja berkarya dan mereka antusias untuk mengikuti pameran, bahkan ada sejumlah seniman yang siap mengikuti ketiga pameran dengan karya berbeda tentu dengan  tidak mengabaikan protokoler covid. 19, ujar Muasri menambahkan.

Ramizal (65 th), Zul Manix (63 th), Body Dharma (65 th) Kamal Guci (60 th), Rizal Potret (57 th) Romi Kumik (47 th), Rahmat Nur (46 th) serta Evelyna Dianita (53 th) diantara sejumlah pelukis yang dihubungi Semangatnews,com via telepon (2/8) menyebutkan, menyambut gembira dan antusias mengikuti pameran yang telah lama di tunggu-tunggu.