TANAH DATAR RAIH PANGRIPTA NUSANTARA

by -
Gubernur Irwan Prayitno serahkan penghargaan

SEMANGAT TANAH DATAR – ​Pemerintah Kabupaten Tanah Datar meraih Penghargaan Pangripta Nusantara (APN) yakni prestasi sebagai peringkat terbaik I kategori kabupaten tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017, piala dan piagam penghargaan diserahkan langsung Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam acara Musrenbang Propinsi Sumbar Tahun 2017 di Pengeran Beach Hotel Padang, Kamis (13/4/2017).

Turut mendampingi Gubernur pada penyerahan penghargaan pretisius di bidang perencanaan ini, Deputi Kemaritiman dan SDA Kementerian PPN/Bappenas Gellwynn Yusuf dan Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Keuangan Hamdani.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang membuka langsung kegiatan itu menyampaikan, Musrenbang merupakan ajang untuk sinkronisasi rencana kerja antara Pemprov dengan Pemkab/Pemkot. “Pemerintah Provinsi tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari Bupati dan Walikota, sebab itu dalam kesempatan ini saya harapkan kita saling bahu dan kerjasama dalam membangun Sumbar lebih baik lagi” sampainya.

Sementara itu Bupati Irdinansyah Tarmizi menyampaikan apresiasi atas kerja keras dinas dan  ASN terkait atas prestasi yang diterima. “Prestasi ini kerja keras kita semua, namun jangan berpuas diri dulu, kerja nyata sudah menunggu” ujarnya.

Ia menambahkan, prestasi ini dijadikan momentum bagi Tanah Datar “setelah menjadi yang terbaik I tingkat Provinsi Sumbar, sekarang bagaimana pelaksanaan dari perencanaan itu sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi masyarakat Tanah Datar khususnya, terutama dalam mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan” ujar Irdinansyah.

Bupati menyampaikan, dalam penilaian yang sama Tanah Datar sudah menjadi 15 terbaik se Indonesia dan sekarang sedang menunggu keputusan apakah masuk 6 besar tingkat Nasional. “Dari 400 lebih Kabupaten se Indonesia, Tanah Datar masuk peringkat 15 besar dan sudah melakukan presentasi di Bappenas tanggal 29 Maret 2017 lalu untuk menjadi 6 besar, dan kalau menjadi peringkat 6 besar maka akan diundang pada Musrenbang Nasional 26 April nanti” ujarnya.

Bupati Irdinansyah mengungkapkan fakfor yang menjadikan daerah yang dikenal juga dengan Luhak Nan Tuo menjadi terbaik adalah dalam menyusun RKPD sudah mempergunakan e-planning. “Dua tahun belakangan e-planning dimanfaatkan dan disempurnakan dalam melaksanakan RKPD kita, sehingga dalam penyusunan rencana kerja memang sudah matang diawal dan tidak ada program yang naik di jalan, karena hal itu tidak bisa karena ditolak sistem e-planning” terangnya.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Baperlitbang Tanah Datar Alfian Jamrah selaku leading sectorpenyusunan RKPD, RKPD yang dinilai adalah dokumen RKPD bobot nilai 40% dan presentase mempertahankan RKPD 60%. “E-planning juga menyumbangkan nilai yang tinggi, Alhamdulillah, prestasi ini sangat membanggakan, Tanah Datar pernah di 2014 dan 2015 memperoleh terbaik 3, tahun 2016 kemaren bahkan kita tak masuk dan berkat dukungan pak Bupati dan seluruh instansi terkait serta ASN di Tanah Datar, tahun ini kita bisa terbaik I Sumbar dan bahkan sudah 15 besar Nasional” ujar Alfian.

Alfian juga sampaikan paramater lain yang dinilai dalam RKPD di antaranya konsistensi, keterukuran, keselarasan, proses bottom up, proses top down, proses teknoratik, proses politis, presentasi, bahan tayang, dokumen pendukung dan proses mempertahankan waktu tanya jawab.

Dan ke depan sesuai arahan bapak Bupati, ujar Alfian Jamrah, kita akan berusaha melaksanakan RKPD sebaik dan semaksimal mungkin, sehingga tidak hanya perencanaan yang terbaik juga diikuti pelaksanaan dan pelaporan yang terbaik juga dan Opini WTP dalam pengelolaan keuangan dapat diraih untuk kelima kalinya berturut-turut, pungkasnya.

Penghargaan Pangripta Nusantara juga diterima kabupaten/kota lain, pada peringkat II Kabupaten Padang Pariaman, Peringkat III Kabupaten Dharmasraya, Harapan I Kabupaten 50 Kota, dan Harapan II Kabupaten Pasaman dan Harapan III Kabupaten Agam. Sementara kategori kota, Kota Padang sebagai peringkat I, disusul Kota Sawahlunto peringkat II, Kota Bukittingi peringkat III dan Kota Pariaman pada Harapan I dan Harapan II diraih Kota Solok. (Wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.