Tanda Tangani COD, PLTMH Induring-Bukit Suarti Resmi Suplai Listrik ke PLN Sumbar

oleh -
PLN UIW Sumatera Barat menandatangani berita acara commercial operation date (COD) dengan PT Pembangkit Listrik Induring, Jumat (26/11/2021) di Padang. (Foto: Semangatnews.com)
PLN UIW Sumatera Barat menandatangani berita acara commercial operation date (COD) dengan PT Pembangkit Listrik Induring, Jumat (26/11/2021) di Padang. (Foto: Semangatnews.com)

SEMANGATNEWS.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar), menandatangani berita acara commercial operation date (COD) dengan PT Pembangkit Listrik Induring, Jumat (26/11/2021) di Padang.

Dengan begitu, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Induring-Bukit Suarti, resmi mulai menyuplai listrik ke jaringan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar).

Tahap awal suplai listrik ke jaringan PLN UIW Sumbar, dengan tegangan 20 KV kapasitas 2×1 MW.

Diketahui, PLTMH Induring-Bukit Suarti ini berada di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan.

Baca Juga:  Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-76 di Pesisir Selatan, Berlangsung Khidmad

PLTMH Induring ini sepenuhnya dibangun dan dimiliki oleh PT Bergonia Pratama, perusahaan keluarga anak-anak dari Ir H Sjaiful Wilis dan Suarti, yang merupakan putra daerah Pesisir Selatan.

Pembangunan PLTMH Induring ini berawal dari kekhawatiran Sjaiful Wilis melihat kekurangan energi listrik di kampung halamannya.

Sjaiful Wilis yang berlatar belakang pendidikan ilmu kelistrikan tahun 1950-an di ITB, lalu memulai mewujudkan cita-cita mulianya itu.

Baca Juga:  Antusias Masyarakat Tinggi Pada Gebyar Sumdarsin Di Puskesmas Padang Karambia

“Tahun 2008 dimulai dengan survei lokasi, pengerjaan study kelayakan, pengurusan izin sampai berhasil kontrak dengan PLN tahun 2012, dan mulai pembangunan di tahun 2013,” kata Direktur PT Pembangkit Listrik Induring, Ir H Iqbal R Wilis, MM.

Pria yang akrab disapa Datuk Tan Piaman ini mengungkapkan, dalam perjalanan panjang selama hampir 14 tahun, beragam hal yang dialaminya.

Baca Juga:  Kejar Capaian Vaksin, Kelurahan Tigo Koto Diate Gelar Door to Door

“Kita melewati masa sulit menghadapi kondisi alam yang keras, berganti kontraktor, hingga bencana. Tapi kita tetap untuk melanjutkan proyek ini dengan kemampuan sendiri,” ucapnya didampingi sang adik, Andri K Wilis, MBA.

No More Posts Available.

No more pages to load.