Tanki SPBU di Payakumbuh Bocor? Pengawasan Pertamina Dipertanyakan

oleh -

Tanki SPBU di Payakumbuh Bocor? Pengawasan Pertamina Dipertanyakan

SEMANGATNEWS.COM – Diduga akibat kebocoran tanki bahan bakar minyak jenis pertalite dari SPBU 14.262.539 di Parik Rantang, Payakumbuh Barat memicu terjadi kebakaran hebat di dalam drainase yang berada di belakang SPBU tersebut, Sabtu (28/11) pagi.

Dari pantauan media, menurut Kasatpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh Devitra didampingi Kabid Damkar Budi Kurniawan sekitar 2 ton lebih BBM Merembes ke drainase di Jalan Padang, dan membuat warga setempat panik dan histeris saat ada kebakaran hebat olehnya.

“Sempat ada kebakaran hebat, tak ada korban jiwa. Tapi petugas damkar kita berhasil memadamkan, warga takut dan cemas,” kata Devitra kepada media.

Baca Juga:  Bangkitkan Sejatinya Bangsa sebagai Solusi Permasalahan Bangsa

Pemko Payakumbuh segera menugaskan Damkar agar melakukan penanganan dengan menyemprot dengan air dicampur deterjen.

Saat ini pihak SPBU juga melakukan pembersihan kepada minyak yang sudah mengalir di drainase sepanjang 1 KM itu dengan media busa secara manual, bahkan sampai ke Kelurahan Nunang Daya Bangun.

Area tersebut sudah dipasang garis polisi, saat ini status waspada api, dan dilarang merokok di dekat area tersebut.

Baca Juga:  Alhamdulillah…, Bantuan ini akan Dimanfaatkan Semaksimal Mungkin

Lurah Eki Oktavia pun sibuk melakukan penanganan bersama warga. Saat ini dinas lingkungan hidup ikut turun melakukan pengambilan sampel, malihat ketercemaran air untuk diperiksa di laboratorium.

“Kita juga siagakan bentor, pihak SPBU katanya sudah melakukan upaya dengan BBM di tanki yang diduga bocor itu dikosongkan, dan dipindahkan ke tanki lain. Sudah dibuat juga sumur resapan di drainase sedalam 4 meter untuk mengalirkan air. Warga meminta SPBU bertanggung jawab agar mengecor ulang drainase,” ungkap Lurah.