Tema dan Sejarah ‘Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia’ Diperingati pada 15 Oktober 2021

oleh -
Sejarah Hari Mencuci Tangan dengan sabun Sedunia 15 Oktober(foto: pexels@PNW Production/edit: semangatnews.com

SEMANGATNEWS.COM – Tanggal 15 Oktober adalah peringatan ‘Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia’.

Secara internasional, hari tersebut diperingati sebagai ‘Global Hand Washing Day‘ dalam bahasa inggris.

Simak sejarah, tujuan, tema dan tagline ‘Hari Mencuci Tangan Pakai Sabun Sedunia’

Sejarah

Mencuci Tangan dengan sabun
Mencuci Tangan dengan sabun (img: pexels/burst)

Awalnya pada tahun 2008, Kemitraan Cuci Tangan Global (GHP) memprakarsai pencanangan Global Hand Washing Day, dan selanjutnya PBB menetetapkan setiap tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS).

Baca Juga:  Gambar Twibbon Hari Jantung Sedunia 29 September 2021, Bingkai Foto Ucapan Selamat Pilihan

Sejalan dengan hal tersebut, Sekretariat Pokja CTPS Kementerian Kesehatan RI setiap tahun memperingati event penting ini dengan merancang berbagai agenda acara, seperti yang kami kutip dari promkes.go.id.

Tujuan

Mencuci Tangan dengan sabun (img: pexels/PNW Production)

Melansir semangatnews.com, tujuan memperingati ‘Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia’ adalah sebagai bentuk kampanye dalam rangka mengurangi angka kematian anak dan penyakit pernafasan serta diare dengan memperkenalkan perubahan perilaku sederhana, seperti mencuci tangan pakai sabun.

Baca Juga:  Link Twibbon Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia, Dukung Kampanye 'Global Hand Washing Day' dan Pasang Bingkai Foto di Instagram, WhatsApp, Facebook dan Twitter

Selain itu, peringatan hari tersebut juga sebagai langkah untuk menjaga kebersihan dan mencegah penularan virus pada masa pandemi covid-19 ini.

Seperti kutipan dari laman wikipedia, pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm. Seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB.

No More Posts Available.

No more pages to load.