Terdapat Beberapa Titik Kebakaran Hutan di Sumatera Barat

oleh -

Terdapat Beberapa Titik Kebakaran Hutan di Sumatera Barat

Semangatnews, Padang – Pada musim kemarau tahun ini, Sumatera Barat (Sumbar) banyak mengalami bencana, dan yang tampak jelas adalah kebakaran hutan terjadi hampir pada setiap daerah di Sumbar. Dari Whatshap grup Wamena Sumbar yang kami terima pada Sabtu, (7/8/2019) mengabarkan bahwa di Kabupaten Dhamasraya
terjadinya kebakaran lahan pada tanggal 5 September 2019 sekitar pukul 18.00 WIB dengan Luas 4 Hektar.

Hal ini disebabkan oleh kelalaian atau Human Eror. Kebakaran tersebut terdapat di Jorong Koto Tinggi Blok C Nagari Koto Besar Kec. Koto Besar Kabupaten Dhamasraya. Dengan kesigapan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Dharmasraya, Damkar dan masyarakat setempat api berhasil dipadamkan. Dari kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa.

Kota Solok Juga salah satu korban kebakaran lahan, pada 6 September 2019 pukul 13:15 WIB. Lokasi yang terdapat kebakaran diantaranya, di Laiang, di dekat PT Wing, di daerah gedung DPRD Kota Solok, di depan Puskesmas Nan Balimo, dan Jalan Lingkar.

TRC BPBD Kota Solok, Damkar, Orari lokal Solok, dan Masyarakat bahu membahu melakukan Pemadaman dan Pendinginan. Kondisi terakhir dilapangan diberitakan bahwa TRC BPBD Kota Solok melakukan pengecekan kembali pada pukul 21:30.Tidak terdapat Koban jiwa.

Di Kabupaten Sijunjung terdapat bencana pohon tumbang pada tanggal, 6 September 2019 pukul 21.00 WIB. yang berlokasi di Jorong Aur Gading Nagari Limo Koto Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Dari kejadian tersebut rumah salah satu warga atas nama Jasnidar (52) suku Batu Kambing, mengalami rusak berat, saat ini tidak terdapat korban jiwa. Tim TRC BPBD Kab. Sijunjung beserta, Masyarakat Melakukan Pemotongan pohon tumabang tersebut.

Kabupaten Solok Selatan juga mengalami hujan lebat disertai Angin Kencang pada, 6 September 2019 pukul 16:00 WIB. Kejadian ini terdapat di kecamatan Sungai Pagu dan Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan dengan dampak ±50 unit rumah, dan terdapat 8 unit rumah rusak berat.
BPBD Dinas Sosial, dan instansi terkait telah melakukan pembersihan terhadap bencana yang terjadi. Bantuan sementara dari BPBD Kabupaten Solok Selatan berupa terpal telah dibarikan, dan saat kejadian BPBD Kab Solok Selatan dan Dinas Sosial telah mendistribusikan logistik. TRC BPBD Kabupaten Solok selatan sedang melakukan pendataan dilapangan hingga saat ini.(rel)