Tes CPNS Banyak Yang Tak Lulus pada Seleksi Kompetensi Dasar

by -

Semangatnews,Jkt – Peserta penerimaan CPNS 2018 banyak tidak lulus pada tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD). Hasil itu dimaklumi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin.

Menurut Syafruddin, banyaknya peserta seleksi CPNS tidak lulus di tahapan SKD adalah sebuah kewajaran. Hal itu dipicu oleh jumlah peminat dan formasi berbanding sangat jauh. Pendaftar tercatat 3,6 juta akun, sedangkan yang dibutuhkan hanya 238.015 formasi.

“Sangat kompetitif, tidak cukup 1:10, jadi memang banyak yang enggak lulus. Kira-kira konsekuensinya memang begitu,” ujarnya saat ditemui usai acara The International Public Services (IPS) Forum di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu (7/11).

Di sisi lain, mantan Wakapolri itu merasa bangga atas animo masyarakat yang antusias mengikuti proses seleksi CPNS. Apalagi penerimaan CPNS ini bagian dari program pemerintah untuk menyediakan lapangan pekerjaan.

“Anak bangsa ini luas sekali, ada yang sudah lulus SMA 5 tahun menganggur, ada yang bahkan sudah S1, S2, tidak memperoleh pekerjaan. Ini kita buka lapangan pekerjaan, tapi tentu melalui seleksi,” tutur purnawiran jenderal bintang tiga itu.

Selain itu penerimaan CPNS ini bagian dari upaya pemerintah dalam menyediakan sumber daya masyarakat (SDM) yang memumpuni untuk memberikan pelayanan ke publik.

Ditambah pula tidak sedikit juga lulusan terbaik dari perguruan tinggi. Mereka perlu diakomodasi untuk menjadi garda terdepan negara. Namun perekrutannya harus tetap melewati proses seleksi.

“Melalui seleksi, kenapa, karena kita menginginkan kompetitif, kita menginginkan sumber daya manusia indonesia punya aksebilitas, punya kompetensi sehingga tadi semua ini harus ditangani dengan komprehensif,” terang Syafruddin.

(smngtnews/yes/JPC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.