THE FIRST FAMILY

oleh -

THE FIRST FAMILY

Dhimam Abror Djuraid

Dalam budaya politik Amerika Serikat, presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan disebut sebagai “Orang Pertama” atau The First Gentleman.

Sebutan ini kurang akrab karena jarang dipakai. Yang lebih banyak dikenal adalah sebutan “The First Lady” untuk menyebut istri presiden.

Sebutan ini tidak pernah diterjemahkan harfiah ke dalam Bahasa Indonesia sebagai “Istri Utama” apalagi “Istri Pertama”. Kita lebih sering menyebutnya sebagai “Ibu Negara”.

Baca Juga:  Formasi Penerimaan CPNS 2021 Akan Diumumkan April-Mei, Butuh 1 Juta Guru

Keluarga presiden juga disebut sebagai The First Family, dan pesawat kepresidenan disebut sebagai Air Force One, helikopter kepresidenan disebut Marine One.

Melania Trump, istri Donald (yang ketiga setelah Ivana dan Marla Maples) adalah The First Lady, dan putri pertama Trump, Ivanka Trump bersama suaminya Jared Kushner adalah anggota The First Family. Barron, anak ragil Trump dari Melania, juga anggota The First Family termuda berusia 17 tahun.

Baca Juga:  Cabe Jawa sebagai Obat Herbal untuk Ramuan Penurun Demam

Kushner, sang menantu, sekarang menjadi orang kepercayaan sang mertua, dan diangkat menjadi penasihat senior presiden meskipun usianya baru 39 tahun.

Kushner menjadi ujung tombak kepercayaan mertuanya dalam berbagai urusan, mulai dari kebijakan luar negeri, perdagangan, sampai ke berbagai urusan dalam negeri.

Menghadapi pemilu presiden 3 November mendatang Kushner menjadi penasihat sekaligus ahli strategi utama Trump meskipun tidak memegang posisi formal.

Baca Juga:  Pilkada Pessel Makan Korban Sekda Diberhentikan karena Tidak Netral

Ivanka juga menjadi orang kepercayaan Trump meskipun tidak memegang jabatan formal. Ivanka ikut terlibat dalam pertemuan penting Trump dengan berbagai kepala negara. Trump sendiri mengakui bahwa Ivanka adalah orang kepercayaannya.