Tiga Nagari Dalam Dua Kecamatan Buat Kesepakatan Tapal Batas

by -

SEMANGATNEWS.COM – Nagari Batipuh Baruah, Nagari Bungo Tanjuang dan Nagari Padang Laweh Malalo melaksanakan Prosesi acara adat yang dinamakan “Sumpah Sati Guguak Samain”.

Acara Prosesi adat tersebut berlangsung di Lereng Guguak Samain Batipuh Minggu (27/06) dalam rangka menentukan titik batas ulamat 3 Nagari.

Tiga Nagari tersebut berada dalam 2 Kecamatan, seperti Nagari Batipuah Baruah dan Nagari Bungo Tanjuang berada di Kecamatan Batipuh.

Disamping itu Nagari Padang- Laweh Malalo berada di Kecamatan Batipuh Selatan. Namun demikian prosesi acara adat di satukan di Lereng Guguak Samain Batipuh Tanah Datar.

Ninik mamak Nagari Batipuh Mak Katik mengatakan disamping acara prosesi juga kita
melakukan peletakan batu pertama pembangunan ‘Tugu Prasasti Tigo Nagari’, di Lereng Guguak Samain.

Dengan adanya kesepakatan titik tapal batas yang dilakukan 3 Nagari ini, bisa menjadi contoh bagi Nagari lain di Tanah Datar maupun Sumatera Barat.

Justru itu kita sama-sama
berharap kepada 3 Nagari terkait dengan ‘Sumpah Sati Guguak Samain’ ini, janganlah dilanggar dilanggar, sumpah ini harus dipatuhi sampai ke anak cucu kita nanti dan siapa yang melanggar akan datang malapetaka.

Sumpah ini dapat diibaratkan ka ateh indak bapucuak, kabawah indak baurek, nan tangah digirik kumbang, bagi yang melanggar akan punah kaumnya.

Basrizal, Dt Panghulu Basa mewakili presidium Majelis Kerapatan Adat Nagari mengucapkan, terimakasih kepada seluruh unsur.

Dimana berkat kerjasama kita semua, acara berjalan dengan lancar dan sukses, dengan kesepakatan dibuat bersama tidak ada yang melanggar.(MSy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.