Tim Penilai Lomba Nagari 2021 di Pessel; Sapi-pun Diasuransikan di Gurun Panjang Utara

oleh -

Tim Penilai Lomba Nagari 2021 di Pessel;
Sapi-pun Diasuransikan di Gurun Panjang Utara

SEMANGATNEWS.COM-Kiprah Wali Nagari Gurun Panjang Utara di Kecamatan Bayang, Kab. Pesisir Selatan ini memang membanggakan. Nagari yang kerap dilanda banjir ini kini viral di medsos karena inovasinya membantu warga miskin dengan sapi. Agar terlindungi, sapi bantuan itu pun diasuransikan.

Baca Juga:  Wali Kota Riza Falepi Dampingi Gubernur Tinjau Rencana Pengembangan TPA Regional

“Sapi bantuan ini dikelola oleh masyarakat secara berkelompok. Pernah ada sapi yang mati tiga ekor karena ada sakit, untunglah diasuransikan melalui Jasindo sehingga sapi dapat diganti kembali,” kata Wali Nagari Gurun Panjang Utara Zainul Arifin, Rabu (23/6).

Ketika ekspos di hadapan Tim Penilai Lomba Nagari Berprestasi 2021 Tingkat Sumbar, Wali Nagari Zainul Arifin mengatakan bahwa ide bantuan sapi ini karena ingin mengentaskan kemiskinan di nagari. Masyarakat mengelola 10 ekor sapi secara kelompok yang beranggotakan hingga 15 hingga 20 orang. Diharapkan pada saatnya nanti, jumlah sapi akan berkembang sehingga seluruh anggota kelompok akan punya masing-masing satu ekor sapi.

Baca Juga:  Ini 4 Fakta Pengacara Penggugat Masjid, Berbohong di Majelis Hakim PTUN

Untuk tahap awal, kata Wali Nagari Zainal Arifin, dibeli sapi 50 ekor yang dikelola oleh 7 kelompok. Kini sapi kelompok di Nagari Gurun Panjang Utara ini sudah berkembang menjadi 66 ekor. Tahun 2021 ini bantuan akan ditambah 10 hingga 15 ekor sapi lagi, yang sumber dananya berasal dari Dana Desa.

No More Posts Available.

No more pages to load.