Tinjau Pos PAM Nataru, Gubernur dan Kapolda Sumbar Nyatakan Malam Perayaan Natal Berlangsung Kondusif

by -

Tinjau Pos PAM Nataru, Gubernur dan Kapolda Sumbar Nyatakan Malam Perayaan Natal Berlangsung Kondusif

SEMANGATNEWS.COM – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama-sama dengan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Arief Gajah Mada dan Forkopimda lainnya meninjau pelaksanaan ibadah Natal di gereja-gereja serta Pos Pengamanan (Pos PAM) Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) di Kota Padang, Kamis (24/12/2020).

Peninjauan ibadah di Malam Natal tersebut, dimulai dari Gereja GPIB Jemaat Efrata Padang jalan Bagindo Aziz Chan. Disana Gubernur Sumbar disambut baik oleh pendeta GPIB Efrata dan menyatakan bahwa pelaksanaan malam Misa Natal 2020 berlangsung penuh khidmat, aman dan tertib, sesuai protokol kesehatan.

Untuk dapat melakukan Misa Natal secara tatap muka, jemaat harus dibagi menjadi dua sesi yakni pukul 17.00 WIB dan pukul 20.00 WIB. Semuanya berjalan aman dan kondusif.

Gubernur Sumbar mengingatkan para jemaah dan pimpinan gereja dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di tengah pandemi Covid-19 ini untuk tetap dapat mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Mudah-mudahan dengan protokol kesehatan semuanya para jemaah yang menjalankan ibadahnya bisa dengan tenang, aman, dan nyaman serta terhindari Covid-19,” harap Irwan Prayitno seraya mengucapkan terimakasih telah mematuhi protokol kesehatan.

Selanjutnya rombongan Gubernur dengan Kapolda Sumbar menuju Pos PAM Simpang Karya, Pos PAM Katedral, Pos PAM Taman Budaya dan yang terakhir mengunjungi Pos PAM Cimpago.

Dalam kunjungan tersebut, Irwan Prayitno bersyukur sampai malam perayaan natal, suasana Kota Padang sampai saat ini sangat kondusif dan aman.

“Kita telah melakukan kunjungan ke posko- posko yang telah memberikan rasa aman pada masyarakat, termasuk bagi masyarakat kita Nasrani yang sedang melakukan ibadah Natal,” ucapnya.

Gubernur Sumbar pun berpesan agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19, karena adanya libur panjang natal dan akhir tahun tersebut, guna menghindari timbulnya klaster baru.

“Kita berharap masyarakat tidak membentuk kerumunan, yang dapat berpotensi menjadi tempat penularan Covid-19,” pesannya

Selain itu pada kesempatan yang sama Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto juga menyampaikan, sampai saat ini menurut laporan semuanya berjalan lancar dan aman. Semoga ini terus berjalan dengan baik dan kondusif, sehingga masyarakat bisa melaksanakan aktivitasnya seperti biasa.

“Kita sudah siap menerjunkan 3.173 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Ribuan personel ini akan disiagakan dalam Operasi Lilin Singgalang 2020,” kata Toni Harmanto.

Operasi itu dimulai dari 21 Desember 2020 hingga berakhir pada 4 Januari 2021 mendatang.

Operasi Lilin Singgalang 2020 ini juga akan dibantu oleh 350 personil TNI, 2.286 personil dari Linmas, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum, Basarnas dan BPBD, total seluruhnya mencapai 5.812 personil.

“Ribuan personil gabungan itu akan ditempatkan pada pos pelayanan, pos PAM, dan pos terpadu guna melakukan pengamann pada objek vital di Sumatera Barat, seperti lokasi wisata, gereja, dan lokasi yang menimbulkan kerumunan,” jelasnya.

Selanjutnya, Kapolda Sumbar memberikan bingkisan bentuk apresiasi kepada personel Pos PAM, dengan mengucapkan selamat bertugas. Ditekankan juga agar seluruh petugas PAM dapat menjaga menciptakan melayani masyarkat dengan rasa aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.