Tips dan Trik Cara Mengatasi Masalah Pada Touchscreen Smartphone

by -
by
pict-ilst-special.
pict-ilst-special.

SEMANGATNEWS.COM – Smartphone atau telepon pintar menjadi barang yang lazim digunakan sebagai sarana komunikasi masyarakat saat ini.

Tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi, beragam fitur yang dimiliki oleh smartphone bisa sangat membantu dan memberikan kemudahan kepada kita.

Sebagai pengguna smartphone Android tentunya kita akan dihadapkan dengan smartphone yang memiliki sistem Touchscreen.

Kondisi ini tentunya mengharuskan pengguna untuk lebih berhati-hati, karena layar smartphone touchscreen cukup rentan terhadap bantingan ataupun ketika terjatuh.

Selain itu juga ada beberapa masalah lain yang bisa muncul pada touchscreen seperti: kebersihan layar, terkena air, minyak ataupun keringat dan lain sebagainya.

Jika pengguna menemukan kondisi seperti touchscreen smartphone yang bermasalah, simak uaraian dibawah ini, karena ada beberapa cara untuk mengatasinya yakni sebagai berikut:

Tips dan Trik Cara Mengatasi Masalah Pada Touchscreen Smartphone

Pada umumnya terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah gangguan pada touchscreen smartphone yang bisa kita kategorikan, diantaranya antara lain:

Restart Smartphone

Cara yang satu ini tentu merupakan cara termudah dimana ketika layar smartphone tidak berfungsi, kita bisa melakukan restart paksa smartphone untuk kemudian kembali dinyalakan.

kalibrasikan layar Smartphone

Selain adanya masalah hardware, tentunya layar smartphone tidak akan berfungsi dengan baik jika pengaturan layarnya tidak sesuai.

Jadi sebaiknya pengguna melakukan kalibrasi layar melalui menu pengaturan.

Bersihkan RAM

RAM sebagai otak dari smartphone tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja smartphone.

Jika penggunaan memori RAM terlalu penuh maka kinerja smartphone akan sangat terganggu.

Selain mengecek penggunaan memori RAM,ada baiknya pengguna memasang Antivirus supaya RAM bisa terjaga dari serangan virus yang bisa merusak sistem smartphone.

Cabut Memori Eksternal

Biasanya memori eksternal juga menjadi faktor penyebab masalah smartphone, boleh jadi memori eksternal yang terpasang pada perangkat smartphone tersebut sudah terinfeksi virus.

Mencabut memori eksternal kemudian membersihkannya di PC atau melakukan format ulang memori mungkin akan menjadi solusi.

Hapus Aplikasi Tidak Berguna

Sebagai pengguna smartphone sebaiknya Anda juga menjadi lebih cermat dan cerdas dalam menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di Smartphone.

Teliti lagi, apakah aplikasi-aplikasi yang terinstal di smartphone saat ini memiliki fungsi yang benar-benar bermanfaat.

Selain itu pengguna sebaiknya menginstal aplikasi yang hanya tersedia di playstore saja karena akan jauh lebih terjamin.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi masalah pada touchscreen smartphone.

Semoga uraian di atas bisa menjadi sumber yang bermanfaat untuk Anda.(*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.