TNI Juga Suluh Pengelolaan Sampah di TMMD Kodim Kendal

by -

Kendal – Puluhan warga Karangmalang, Kecamatan Kangkung Kendal, antusias mengikuti penyuluhan pengelolaan sampah terpadu, yang digelar oleh Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 0715/Kendal di Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Acara yang merupakan gelaran non fisik TMMD Kodim Kendal itu digelar di Balai Desa Karangmalang.

Nunung, selaku Direktur Bank Sampah Induk Kendal (BSIK) dari dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal mengatakan, penyuluhan tentang pengelolaan sampah itu digelar sebagai wahana pelatihan bagaimana pengelolaan sampah organik maupun anorganik.

“Untuk sampah-sampah organik akan dijadikan kompos. Dan di penyuluhan akan dipandu bagaimana proses pembuatannya. Sementara untuk sampah anorganik dibuat sebagai kerajinan tangan,” terang Nunung.

Ibu Nunung menambahkan, dalam penyuluhan itu juga dipaparkan bagaimana cara dan sistem pembentukan bank sampah. Sehingga ke depan bisa memberdayakan masyarakat untuk mengolah sampah sekaligus melestarikan lingkungan.

Dikemukakan, tujuan dari sosialisasi tersebut sekaligus untuk mengubah pola pikir masyarakat mengenai sampah. Warga supaya tidak menilai sampah sebagai sesuatu yang tidak bernilai guna. Melainkan, harus menilai sampah sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan bernilai guna, sehingga bisa mendatangkan rupiah.

“Merawat serta menjaga kebersihan dan lingkungan, sudah merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, perilaku untuk membiasakan diri terhadap pola hidup yang ramah lingkungan harus terus menerus disosialisasikan kepada warga masyarakat,” tandas Nunung.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 30 warga Desa Karangmalang, termasuk ibu-ibu Kader PKK. Siti Kursinah (34) salah satu kader PKK yang hadir mengatakan, sosialisasi tentang pengelolaan sampah itu cukup bagus.

”Mudah-mudahan bermanfaat buat warga yang ingin memiliki penghasilan tambahan dari bank sampah, ” ungkap Siti Kursinah. (Pendim 0715/Kendal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.